Dua Tarian Tradisional Papua Yang Perlu Kita Tahu

Binsar

Saturday, 22-09-2018 | 07:14 am

MDN
Tari-musyoh, Papua [ist]
"Papua memiliki sejumlah tarian daerah yang sangat terkenal hingga ke mancanegara"

 

Irian Jaya, Inako –

Papua, dulunya dikenal dengan nama Irian Jaya. Karena pada tahun 2002, daerah tersebut terbagi menjadi 2 Provinsi. Walau begitu, tarian tradisional yang telah dibuat oleh nenek moyang masih menjadi 1 dalam sementara waktu atas keputusan SENBUD.

Kembali pada budaya Papua ternyata terdapat beberapa tarian tradisional Papua yang cukup terkenal, beberapa diantaranya sempat ditayangkan di acara Televisi nasional pada tahun 90-an. Dan mungkin saja, diantara kamu masih inget dengan lagu-lagunya.

1. Tari Musyoh

tari-musyoh

Tari Musyoh merupakan salah satu tarian sakral asal Papua, dan tarian ini diadakan jika ada sanak saudara ataupun warga yang mengalami kecelakaan maut dan diperkirakan arwahnya tidak tenang.

Jika kita lihat dari unsur gerakannya, tarian ini mencerminkan masyarakat Papua yang lincah dan energik.

Dan biasanya penarinya terdiri dari sekelompok penari pria.

Menurut budayanya, tarian ini dapat bermanfaat untuk mengusir arwah yang gentayangan.

Kostum yang digunakan adalah pakaian adat Papua yang terdiri dari Koteka, Rok rumbai, dan peralatan perang seperti tameng dan tombak.

Sedangkan alat musik yang digunakan adalah tifa.

2. Tari Sajojo

Tarian Sajojo [Ist]

 

Tari Sajojo dibuat untuk mencerminkan budaya warga Papua yang senang bergaul.

Tarian ini dapat ditarikan dengan jumlah penari yang sangat banyak, tidak terpatok dengan jenis kelamin dan dapat ditarikan oleh anak muda ataupun tua.

Konon, tarian ini sudah ada semenjak tahun 1990-an. Karena gerakannya ceria, tarian ini menjadi terkenal dengan pesat dikalangan penduduk Papua, bahkan saat zamannya tarian ini sering dipertontokan di acara TV nasional.

 

 

 

 

 

KOMENTAR