Hanura Ucap Selamat Jokowi Presiden 2019-2024, Usai Probowo Siap Jadi Capres

Inakoran

Saturday, 14-04-2018 | 00:37 am

MDN
Presiden Joko Widodo dan Ketum Gerindra Prabowo Su
Jakarta, Inako

Partai Hanura menyambut baik kesiapan Ketum Gerindra Prabowo Subianto untuk kembali menjadi calon presiden (Capres) yang menantang Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019. Hanura sebagai salah satu partai pengusung Jokowi, yakin kesediaan Prabowo menjadi Capres merupakan kemenangan dini Jokowi.

"Jika Gerindra sudah mendeklarasikan Prabowo maka saya langsung ucapkan selamat terpilih kembali kepada Jokowi periode 2019-2024!" ujar Ketua DPP Hanura Inas Nasrullah Zubir kepada media, Kamis (12/4/2018).

Menurut Nasrullah, calon alternatif di luar Prabowo, andai memang muncul, juga bukan tandingan sang petahana. Karena itu, Hanura amat yakin Jokowi menang Pilpres 2019.

"Kalau Prabowo saja mudah dikalahkan, gimana yang lain, yang hasil surveinya di bawah Prabowo," tegas Inas.

Seperti diketahui, kesiapan Prabowo jadi Capres disampaikan dalam acara Rakornas Gerinda yang digelar di kompleks kediamannya, Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Rabu (11/4). Sebelumnya, dia menerima mandat dari Gerindra untuk maju sebagai capres.

"Saya menerima keputusan ini sebagai suatu penugasan, suatu amanat, suatu perintah, dan saya menyatakan siap melaksanakannya," ujar Prabowo.

Namun pernyataan kesipan itu belum cukup mengantarkan Prabowo ke gelanggang pemilihan presiden mendatang. Prabowo mesti mendapatkan dukungan dari partai politik pemilik suara hasil Pemilu 2014. Syarat di Undang-Undang Pemilu menetapkan pengajuan ambang batas capres sebesar 20%-25%. Gerindra punya modal 13% perolehan suara Pemilu 2014. Karena itu, Prabowo harus mencari rekan koalisi.

"Jadi Prabowo sampaikan siap berjuang untuk realisasikan apa yang jadi kehendak parpol dengan syarat dapat dukungan dari koalisi sekutu. Bukan sekutu lagi malah, tapi segajah," kata Ketua DPP Gerindra Ahmad Riza Patria.

Sejauh ini, PKS baru mengatakan secara lisan siap bersama Gerindra di Pilpres 2019. Belum ada deklarasi resmi. Pembahasan soal cawapres masih menjadi fokus dua partai ini yang menyebut diri mereka sebagai koalisi. Hingga saat ini PKS mengajukan 9 nama untuk diusung menjadi Cawapres mendampingi Prabowo.

 

KOMENTAR