Air Terjun Semolon, Wisata Air Panas Yang Pantas Dikunjungi Di Kaltara

Binsar

Tuesday, 22-12-2020 | 18:12 pm

MDN
Air Terjun Semolon merupakan sumber air panas terbesar dan terunik di Kalimantan Utara (Kaltara). [ist]

 

Inakoran.com

Air Terjun Semolon merupakan sumber air panas terbesar dan terunik di Kalimantan Utara (Kaltara). Disebut unik karena aliran sungainya berbentuk tangga batu yang bertingkat-tingkat. Karena keunikan itu, tak heran bila lokasi ini kerap dijadikan sebagai tempat berwisata dan rekreasi oleh masyarakat setempat.

Air panas yang mengalir di Air Terjun ini diyakini dapat menyembuhkan beragam penyakit kulit dan penyakit lainnya. Karena itu, saat ini banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara berwisata ke tempat ini.

Obyek wisata Air Terjun Semolon terletak di Kecamatan Mentarang, Desa Paking, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Untuk mencapai lokasi yang menakjubkan ini, pengunjung harus melewati lembah curam dengan tanah gambut khas Kalimantan. Namun, tidak usah khawatir sebab selama perjalanan, panorama hutan tropis Kalimantan yang alami nan indah akan menemani Anda.

Air Terjun Semolon [ist]

 

Jarak yang harus ditempuh dari pusat kota hingga lokasi Air Terjun sekitar dua jam menggunakan motor. Dengan catatan, cuaca mendukung. 

Air Terjun Semolon yang terdapat di wilayah Malinau Utara, Kalimantan Timur ini memang mempunyai daya eksotisme tersendiri. Sumber air panas yang dikeluarkan dari mata air panas ini, berasal dari kandungan mineral bumi yang terdapat di pulau Kalimantan.

Menurut masyarakat yang bermukim di wilayah tersebut Air Panas Semolon juga bisa menyembuhkan penyakit, khususnya penyakit kulit. 

Air Terjun Semolon bentuknya juga sangat unik dibanding air terjun lainnya yang ada di Kalimantan. Bentuknya yang berundak seperti tangga, dan tidak berbau belerang, menjadikan ciri khas tersendiri dari air terjun ini.

Di Air Terjun Semolon setiap tingkat memiliki tinggi sekitar dua meter dan pengunjung bebas menaiki undakan untuk merasakan kesegaran Air Terjun Semolon. Air panas Air Terjun Semolon merupakan air yang mengalir yang begitu hangat dan bening yang dapat memberi tenaga dan menyembuh kan penyakit kulit dan penyakit gatal lainnya.

 

Selain dapat menikmati air hangat, ditempat ini Anda juga bisa melakukan aktifitas arum jeram sebagai daya tarik bagi wisatawan. Selain itu, disini juga sering dijadikan tempat untuk sesi fotografi karena memang tempatnya yang sangat unik dan menarik apabila dijadikan latar belakang dari sebuah foto. 

Air Terjun Semolon dengan segala keunikan, keindahan, dan keberadaannya memberikan pengalaman tidak pernah Anda lupakan. Panorama obyek wisata ini begitu asli alam nya yang indah dan asri tanpa dijamah oleh siapa pun.

Di loaksi ini saat ini telah disediakan cottage bagi wisatawan untuk bermalam sambil menikmati udara segar dan tarian khas dayak. Rencananya dinas pariwisata akan membangun sejumlah fasilitas tambahan seperti arena permainan anak, outbound, arena bersepeda, dan fasilitas lain.

TAG#Semolon, #Air Terjun, #Kaltara

82167425

KOMENTAR