Menko Airlangga Dorong Lulusan Perguruan Tinggi Aktif Berwirausaha

Tommy Duang

Tuesday, 24-01-2023 | 15:00 pm

MDN
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto

 

JAKARTA, INAKORAN.COM

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menerima kunjungan Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (BEM KM) Universitas Gadjah Mada di Selasar Loka Kretagama Kemenko Perekonomian pada Jumat (19/01/2022).

 

Dalam kesempatan itu, Airlangga berdiskusi dan menerima berbagai masukan terkait perkembangan dunia perekonomian dan pendidikan dari utusan mahasiswa yang hadir.

“Jadi itu memang tugas untuk menganalisis dan mengkaji secara ilmiah. Bahkan, Pemerintah pun mengambil kebijakan dengan impact assessment,” ungkap Airlangga.

“Kalau fungsi itu dijalankan mahasiswa ya bagus juga, karena itu menjadi salah satu yang sekarang dalam proses pembuatan UU perlu meaningful participation. Dalam hal ini teman-teman mahasiswa bisa menjalankan fungsi kritis, memberi masukan dalam kebijakan publik.”

Airlangga juga mengapresiasi mahasiswa yang terlibat aktif dalam organisasi-organisasi intra kampus. Melalui wadah organisasi itu, mahasiswa bisa memaksimalkan fungsi kritis mereka sebagai akademisi.

 

“Ini sebuah kesempatan bagi adik-adik semua, karena selain kuliah juga aktif di organisasi mahasiswa, relatif jadwal kuliahnya tidak terganggu. Kalau dulu kita beralasan lama (lulusnya) karena beraktivitas di kampus, tapi ini saya lihat semuanya yakin Februari lulus. Jadi luar biasa, selamat.”

Selain itu, Airlangga menganjurkan agar civitas akademika UGM terlibat dalam usaha bersama mengatasi beberapa fenomena dalam kehidupan bernegara, seperti korupsi, kemiskinan, dan isu-isu terkait kesejahteraan lainnya.

Keterlibatan itu bisa dilaksanakan melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bentuk pengabdian masyarakat.

 

Dalam kesempatan yang sama, Airlangga mendorong mahasiswa untuk aktif berwirausaha. Lulusan perguruan tinggi diharapkan mampu menciptakan lapangan kerja, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

“Program-program dari kantor Kemenko bisa didorong dalam bentuk pelatihan maupun fasilitasi pembiayaan melalui KUR. Ini bisa mendorong entrepreneurship.”

“Untuk kesempatan ke depan, perlu juga soal digitalisasi yang rata-rata diikuti oleh anak muda, termasuk mahasiswa/i UGMWave fintech sangat cepat, untuk aplikasinya dijalankan oleh anak muda, dan startup biasanya tidak memerlukan modal yang besar.”

 

KOMENTAR