Siap-Siap, Elon Musk akan Angkut 1 Juta Orang ke Planet Mars

Sifi Masdi

Monday, 20-01-2020 | 12:40 pm

MDN
Elon Musk [ist]

Jakarta, Inako

Pendiri dan CEO SpaceX, Elon Musk berambisi untuk mengadakan perjalanan bolak-balik dari planet bumi ke planet Mars. Bahkan ia berencana akan mengangkut satu juta penduduk bumi ke planet Mars pada tahun 2050. Rencana tersebut diungkapkannya dalam akun Twitternya. Ia akan membangun sebuah kota untuk dihuni oleh penduduk bumi yang berjumlah satu juta orang.

Apa bisa? Namanya juga ambisi. Setiap orang bisa membuat rencana apa saja di masa depan. Nah, untuk mewujudkan ambisi besar itu, Elon Musk memang tampaknya tidak main-main. Ia meminta SpaceX, perusahaan yang didirikannya,  untuk membangun 1.000 starship untuk membawa manusia dan persediaan hidup yang dibutuhkan ke Mars.

Dilansir Business Insider, Jumat (17/1/2020), pembuatan 1.000 starship membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun. Dengan kata lain, setiap tahun mereka harus dapat membangun sedikitnya 100 starship.

Jika starship sudah siap, Musk berencana segera meluncurkan tiga armada per hari untuk mengirim siapa saja yang ingin tinggal di planet merah. Dia menambahkan, siapapun dapat tinggal di Mars tanpa terkecuali.

"Siapapun dapat pergi ke Mars jika mereka mau. Kami menyiapkan pinjaman bagi mereka yang tidak punya uang," tulis Musk dalam twitternya.

Jika starship bikinan SpaceX terealisasi, ini akan menjadi roket terkuat yang pernah dibuat. Di mana dalam setiap peluncuran dapat membawa beban lebih dari 100 ton dan 100 orang dalam sekali peluncuran. Dengan kata lain, 1.000 starship dapat mengangkut 100 megaton barang ke Mars. 

"Megaton per tahun untuk mengorbit diperlukan agar kehidupan menjadi multiplanet," tulisnya.

Hingga saat ini, Musk belum merinci apa saja yang perlu dibawa ke planet merah. Namun, ia berkata, butuh banyak pasokan makanan, air, bahan bangunan, peralatan, dan sistem pendukung kehidupan berteknologi maju.

Kelengkapan logistik itu untuk mendukung ambisi Musk membangun kota permanen di Mars. Kemudian, jika satu armada starship mengangkut 100 orang, maka total ada 100.000 manusia yang bermigrasi ke Mars.

Musk berkata, prototipe starship baru dapat diluncurkan sebelum akhir Maret. "Mudah-mudahan dua sampai tiga bulan lagi," kata Musk dalam twitnya, 27 Desember 2019.

 

 

KOMENTAR