APA ITU HAMAS?

Hila Bame

Tuesday, 10-10-2023 | 10:30 am

MDN
Pemandangan persimpangan menunjukkan dampak infiltrasi massal oleh kelompok bersenjata Hamas dari Jalur Gaza, di daerah Sderot, Israel selatan 7 Oktober 2023. REUTERS/Ammar Awad

 

JAKARTA, INAKORAN

Kelompok Palestina Hamas telah melancarkan serangan mendadak dari Gaza ke Israel , yang merupakan salah satu eskalasi paling serius dalam konflik Israel-Palestina selama bertahun-tahun.

APA ITU HAMAS?

Hamas ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Israel, Amerika Serikat, Uni Eropa, Kanada, Mesir dan Jepang.

Hamas didirikan pada tahun 1987 selama Intifadhah Palestina pertama, atau pemberontakan. Kelompok ini didukung oleh Syiah Iran dan menganut ideologi Ikhwanul Muslimin, yang didirikan di Mesir pada tahun 1920an.

Kelompok ini telah memerintah Jalur Gaza sejak tahun 2007, setelah perang saudara singkat dengan pasukan yang setia kepada gerakan Fatah yang dipimpin oleh Presiden Mahmoud Abbas, yang berbasis di Tepi Barat dan juga mengepalai Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).


BACA:  

Hamas Membunuh 700 warga Israel dan Menculik Puluhan Lainnya


Pengambilalihan Gaza oleh Hamas terjadi setelah kemenangan mereka dalam pemilihan parlemen Palestina pada tahun 2006 – yang terakhir kali diadakan. Hamas menuduh Abbas berkonspirasi menentang hal itu. Abbas menggambarkan apa yang terjadi sebagai kudeta.

Sejak itu, terjadi banyak konflik dengan Israel, sering kali melibatkan serangan roket Hamas dari Gaza ke Israel dan serangan udara Israel serta pemboman di Gaza.

Hamas menolak mengakui negara Israel dan dengan keras menentang perjanjian damai Oslo yang dinegosiasikan oleh Israel dan PLO pada pertengahan tahun 1990an.

Hamas memiliki sayap bersenjata yang disebut Brigade Izz el-Deen al-Qassam, yang telah mengirimkan orang-orang bersenjata dan pelaku bom bunuh diri ke Israel. Hamas mencirikan aktivitas bersenjatanya sebagai perlawanan terhadap pendudukan Israel.

Piagam pendiriannya pada tahun 1988 menyerukan penghancuran Israel, meskipun para pemimpin Hamas kadang-kadang menawarkan gencatan senjata jangka panjang, atau Hudna dalam bahasa Arab, dengan Israel sebagai imbalan atas berdirinya negara Palestina di seluruh wilayah Palestina yang diduduki Israel pada perang tahun 1967. Israel menganggap ini sebagai tipu muslihat.

Hamas ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Israel, Amerika Serikat, Uni Eropa, Kanada, Mesir dan Jepang.

Ini adalah bagian dari aliansi regional yang terdiri dari Iran, Suriah dan kelompok Syiah Hizbullah di Lebanon, yang semuanya menentang kebijakan AS di Timur Tengah dan Israel.

Meskipun basis kekuatannya berada di Gaza, Hamas juga memiliki pendukung di seluruh wilayah Palestina, dan para pemimpinnya tersebar di Timur Tengah di negara-negara termasuk Qatar

Sumber: Reuters

TAG#HAMAS, #ISRAEL, #TERORIS

166885820

KOMENTAR