Aspetri Turut Andil Dalam Baksos Kemanusiaan di Sumur Ujung Kulon Banten

Hila Bame

Monday, 18-09-2023 | 09:31 am

MDN


Banten-Inakoran

Sejumlah komunitas dan penggiat kesehatan telah bersatu dalam semangat bakti sosial yang luar biasa. Kegiatan bakti sosial ini, yang dipimpin oleh dr. Arius MARS, adalah perwujudan kepedulian mereka terhadap kesehatan masyarakat setempat.

Komunitas yang berperan dalam kegiatan ini terdiri dari sosok-sosok mulia, seperti Dokter dari IDI Wilayah Banten (Ikatan Dokter Indonesia), Perkedwi (Perhimpunan Kedokteran Wisata Kesehatan Indonesia), IAI (Ikatan Apoteker Indonesia), Pengobat Tradisional dari ASPETRI (Asosiasi Pengobat Tradisional Ramuan Indonesia), SRI (Sahabat Relawan Indonesia), Kalbe Nutritionals, AMS Klinik, dan didukung oleh sponsor yang besar hati, CIMB Syariah.

 

 

Tindakan mulia ini menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Kemerdekaan RI yang ke-78. Kegiatan ini bukan hanya sesaat, melainkan sebuah perjalanan yang dimulai sejak bulan Juni 2023 di daerah Baduy Banten dan dilanjutkan hingga bulan Juli-Agustus di sekitar daerah Tanjung Lesung.

Tujuan besar dari bakti sosial ini adalah untuk menangani masalah serius yang telah menghantui Desa Sumur dan Ciparahu, yakni stunting. Kegiatan ini mencakup layanan kesehatan gratis untuk ibu hamil, pemberian edukasi tentang pentingnya gizi dan penggunaan obat-obatan yang tepat, serta program bantuan sembako. Semua ini dilakukan dengan penuh kehangatan dan rasa peduli.

Kegiatan diadakan pada tanggal 9-10 September 2023, selama dua hari penuh, bakti sosial ini menjelma menjadi kenyataan yang mengharukan di Desa Sumur dan Ciparahu, Tanjung Leseng, Ujung Kulon. Mereka melibatkan diri secara tulus untuk mengatasi masalah stunting yang merenggut potensi pertumbuhan anak-anak dan untuk meningkatkan kualitas gizi ibu hamil.

Stunting, sebuah masalah kesehatan masyarakat global yang mengkhawatirkan, terutama mengancam di negara-negara berkembang. Istilah ini merujuk pada kondisi tragis ketika pertumbuhan tubuh anak-anak terhambat akibat kekurangan gizi pada tahap-tahap awal kehidupan mereka. Dampaknya begitu jangka panjang dan serius, yang membayangi kesejahteraan individu dan masyarakat secara keseluruhan.

Kegiatan bakti sosial dimulai dengan penuh semangat dengan pembagian sembako di Pondok Darul Afkar. Tim medis memberikan layanan kesehatan gratis dan memberikan pengetahuan tentang pentingnya nutrisi dan penggunaan obat-obatan yang tepat. Pengobat Tradisional dari ASPETRI juga berperan dengan memberikan wawasan tentang nutrisi tradisional yang sangat berharga. Program bantuan sembako pun turut memberikan bantuan kepada keluarga yang sangat membutuhkannya.

Al Anhar Gumay, yang juga menjabat sebagai ketua umum ASPETRI, dengan senang hati menyambut dan memberikan apresiasi yang tulus terhadap kegiatan bakti sosial ini. Selain memberikan bantuan yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, kegiatan ini juga membawa cahaya dalam bentuk edukasi bagi mereka.

Dalam ungkapannya, dia berkata, "Terima kasih kepada dr. Arius MARS yang telah melibatkan ASPETRI dalam kegiatan ini. Saya berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan, dan semoga lebih banyak elemen masyarakat yang dapat ikut serta."

Dengan kolaborasi yang erat antara berbagai pihak dan perencanaan kegiatan yang terstruktur, mereka bersama-sama berusaha keras untuk memberikan dampak positif dalam menangani masalah stunting dan meningkatkan gizi ibu hamil di komunitas yang mereka cintai. Semangat dan dedikasi mereka adalah cerminan dari kebaikan yang tiada tara dalam upaya memperbaiki dunia ini secara bersama.

(Aan)

 

TAG#AGIE

171173102

KOMENTAR