Australia: Rangkul Kebebasan Para Usia senior Dengan Mobil Swakemudi

Hila Bame

Wednesday, 09-10-2019 | 06:16 am

MDN
Kota Canberra, Australia, sedang menguji coba satu armada mobil swakemudi untuk membantu usia senior bepergian

Jakarta, Inako

Warga usia senior (lanjut) di masa depan tidak lama lagi akan merangkul kebebasan tanpa pendamping untuk sekedar plesir maupun menikmati lanskap taman yang jauh dari tempat tinggal.

Kehadiran teknologi mobil tanpa pengemudi (swakemudi) setidaknya memberi harapan bagi usia senior untuk menggapai masa depan mereka lebih dari sekedar masa tunggu dari sebuah etape ziarah di muka bumi. 

Bagi warga kota Canberra, Maria Keir, misalnya mengikuti uji coba  menikmati kota tanpa kemudi  memberikanya sekilas gambaran tentang masa depan. Dia mengatakan tidak perlu lagi meminta tolong kerabatnya untuk mengantarkannya. Dia bisa mengemudikan sendiri mobilnya, tidak tergantung lagi kepada orang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk menilai apakah teknologi mobil tanpa pengemudi ini memberikan dampak positif untuk membantu warga lansia. Duduk di kursi pengemudi, untuk merangkul kebebasan.

Para akademisi mengatakan, bagi penduduk di daerah pinggiran kota, ketidakmampuan mengemudi bisa menjadi hambatan sosial yang besar.

 

TAG#Australia

21676491

KOMENTAR