Makan Malam Sebelum Jam 5 Sore Bisa Turunkan Berat Badan

Hila Bame

Thursday, 16-02-2023 | 14:29 pm

MDN
Ilustrasi

 

JAKARTA, INAKORAN

Setiap orang ingin hidup sehat dan bahagia. Pola makan jadi faktor utama terutama waktu makan yang diatur. Expert kesehatan menyarankan agar waktu makan perlu diatur agar diet  Anda sukses. 

Tak hanya tidur lebih awal yang bermanfaat, namun makan malam lebih awal juga memiliki banyak manfaat.

Hanya saja, banyak di antara kita saat ini yang sering menerapkan kebiasaan makan di larut malam. Padahal menurut sebagian besar dokter dan ahli gizi, bahwa makan malam lebih awal bermanfaat bagi kesehatan, termasuk dalam menurunkan berat badan juga lho! 

Nah bagi siapa  yang  ingin punya berat badan ideal atau saat ini sedang dalam program diet, tentu kebiasaan makan malam lebih awal perlu kamu terapkan untuk mensukseskan proses dietmu. Melansir dari Times of India, berikut deretan manfaat makan malam lebih awal!

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Makan malam lebih awal dapat membantu menurunkan berat badan.
Membantu Menurunkan Berat Badan/ Foto: pexels.com/SHVETS production 

Manfaat yang satu ini tentu banyak diinginkan oleh sebagian besar perempuan. Ya, makan malam lebih awal diketahui dapat membantu menurunkan berat badan, lho! Para ahli juga berpendapat, bahwa waktu terbaik untuk makan malam ialah antara pukul 06.00 dan 19.00.

Oleh sebab itu, cobalah untuk menyelesaikan makan malam lebih awal, karena hal ini dapat membuatmu mengonsumsi lebih sedikit kalori. Hal ini dapat terjadi karena kamu mencapai titik kenyang lebih awal, dan tubuh pun mampu memanfaatkan makanan dengan lebih efisien. 

2. Mengurangi Risiko Obesitas

Makan malam lebih awal dapat mengurangi risiko obesitas.
Mengurangi Risiko Obesitas/ Foto: pexels.com/Andres Ayrton 

Salah satu alasan mengapa sebaiknya kamu tidak boleh sering makan larut malam ialah, karena hal ini bisa menyebabkan risiko obesitas lho!

Ketika makan larut malam, kalori yang kamu konsumsi tidak dibutuhkan oleh tubuh untuk menjadi energi, namun disimpan sebagai lemak. Hal inilah yang akhirnya menyebabkan penambahan berat badan dan bahkan obesitas. 

3. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Makan malam lebih awal dapat meningkatkan kesehatan pencernaan.
Meningkatkan Kesehatan Pencernaan/ Foto: pexels.com/Sora Shimazaki 

Selanjutnya, manfaat lain dari makan malam lebih awal ialah juga dapat meningkatkan kesehatan pencernaan. Sebaliknya, jika kamu makan sebelum tidur, maka makanan tidak dapat tercerna dengan baik dan bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti refluks asam, gas, kembung, atau sakit perut.

Karenanya cobalah untuk memberi jarak antara makan malam dan tidur, agar fungsi sistem pencernaanmu menjadi lebih sehat. 

4. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Tanpa disadari, makan larut malam dapat membuatmu lebih rentan untuk makan lebih banyak. Selain itu, makan larut malam juga membuat kalori tidak dibakar, dan diubah menjadi trigliserida, yaitu asam lemak yang meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. 

Oleh karena itu, biasakan untuk makan malam lebih awal agar dapat mengurangi risiko pembentukan trigliserida.

 

 

 

5. Mengurangi Risiko Kanker

Ternyata, makan malam lebih awal juga dapat mengurangi risiko kanker, lho! Hal ini sesuai dengan sebuah studi kanker yang menunjukkan, bahwa mereka yang makan malam setidaknya dua jam sebelum tidur memiliki risiko kanker yang lebih rendah.

Bagi pria, mengalami penurunan risiko kanker prostat sebesar 26%, sedangkan bagi perempuan mengalami penurunan kanker payudara sebesar 16%.

6. Meningkatkan Suasana Hati dan Energi

Makan malam lebih awal dapat meningkatkan suasana hati dan energi.
Meningkatkan Suasana Hati dan Energi/ Foto: pexels.com/Liza Summer 

Salah satu manfaat besar lainnya dari makan malam lebih awal ialah dapat memberi tubuh lebih banyak waktu untuk menstabilkan kadar gula darah. Hal ini dapat berperan penting untuk meningkatkan suasana hati.

Selain itu, makan malam lebih awal juga dapat memberimu lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas sebelum tidur.

7. Tidur Lebih Nyenyak

Manfaat makan malam lebih awal dapat membuat tidur lebih nyenyak.
Tidur Lebih Nyenyak/ Foto: pexels.com/Sam K 

Jika ingin tidur lebih nyenyak di malam hari, maka hindari makan larut malam. Ketika kamu makan dekat dengan waktu tidur, maka hal ini dapat mengganggu tidurmu.

Karena sistem pencernaan akan berfungsi saat kamu sedang tidur, yang dimana dapat mempengaruhi REM atau tidur nyenyakmu, sehingga dapat menyebabkan kegelisahan atau sulit tidur. 

Itulah deretan manfaat makan malam lebih awal untuk kesehatan. Semoga kebiasaan ini bisa kamu terapkan mulai sekarang, Beauties!

 

 

 

TAG#MAKAN LEBIH AWAL

163138150

KOMENTAR