Penerbangan tiga orang Soyuz untuk menghormati Yuri Gagarin diluncurkan ke stasiun luar angkasa

Hila Bame

Monday, 12-04-2021 | 17:46 pm

MDN
Misi Gagarin adalah kudeta propaganda untuk Uni Soviet, kemenangan besar dalam perlombaan antariksa dengan AFP Barat

 

ALMATY, Kazakhstan, INAKORAN

 

Tiga orang awak meluncur ke Stasiun Luar Angkasa Internasional pada Jumat (9 April) dalam kapsul untuk merayakan ulang tahun ke-60 kosmonot Soviet Yuri Gagarin menjadi orang pertama di luar angkasa.

 

Kosmonot Roscosmos Oleg Novitsky dan Pyotr Dubrov serta astronot NASA Mark Vande Hei lepas landas dari kosmodrom Baikonur Rusia di Kazakhstan pada waktu yang diperkirakan pada pukul 7.42 pagi GMT (3.42 sore waktu Singapura), rekaman yang disiarkan oleh NASA TV menunjukkan, dengan perkalian diperkirakan pada pukul 11.07 GMT .

 

Pengingat pencapaian Gagarin ada di mana-mana di kosmodrom Baikonur yang dioperasikan Rusia di Kazakhstan saat Novitsky, Dubrov, dan Vande Hei bersiap untuk misi setengah tahun mereka di atas laboratorium orbit.


BACA:  

Iran menyalahkan Israel atas sabotase di situs nuklir Natanz

 


Pesawat ruang angkasa Soyuz MS-18 tempat ketiganya lepas landas diberi nama sesuai nama kosmonot legendaris dan potret Gagarin telah ditambahkan ke bagian luarnya.

Gagarin juga muncul lebih dari sekali dalam konferensi pers pra-penerbangan tradisional pada hari Kamis, di mana para kru ditanyai bagaimana mereka berencana untuk memperingati ulang tahun Senin di luar angkasa.

 

"Kami akan merayakannya bersama," kata Dubrov, 43 tahun, yang terbang ke luar angkasa untuk pertama kalinya. "Dan kami akan bekerja keras!"

 

Peringatan penerbangan bersejarah Gagarin pada 12 April 1961 dirayakan setiap tahun di Rusia sebagai Hari Kosmonautika.

Ledakan hari Jumat berasal dari landasan peluncuran yang berbeda dari yang digunakan untuk satu-satunya misi Gagarin, yang membuatnya menghabiskan 108 menit di orbit.

Terakhir digunakan pada tahun 2019, landasan peluncuran Gagarin sedang mengalami peningkatan sebagai persiapan untuk roket Soyuz generasi baru dan diharapkan dapat kembali beraksi pada tahun 2023.

 

Misi Gagarin adalah kudeta propaganda untuk Uni Soviet dan kemenangan besar dalam perlombaan luar angkasa dengan Barat, yang menjadi salah satu subplot Perang Dingin yang paling menarik.

 

TAG#UNISOVIET, #GAGARIN, #AS

82169589

KOMENTAR