Roy Suryo: Sirkuit Mandalika Adalah Proyek Mercusuar Pemerintah

Tommy Duang

Monday, 28-03-2022 | 08:57 am

MDN
Mantan Menpora RI, Roy Suryo dalam diskusi #Safari24 Total Politik dengan tema "Antara MotoGP Mandalika dan Formula E, Adu Politik Mercusuar?" di Upnormal Raden Saleh, Jakarta Pusat pada Minggu (27/3/2022).

 

Jakarta, Inako

Mantan Menpora RI, Roy Suryo menilai Sirkuit Mandalika adalah salah satu proyek mercusuar pemerintah selain pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) dan pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung.

Hal ini disampaikan Roy dalam diskusi #Safari24 Total Politik dengan tema "Antara MotoGP Mandalika dan Formula E, Adu Politik Mercusuar?" di Upnormal Raden Saleh, Jakarta Pusat pada Minggu (27/3/2022).

Dalam diskusi itu, Roy mengatakan bahwa pembangunan Sirkuit Mandalika tidak bisa dibandingkan dengan Formula E.

Formula E hanya menggunakan APBD DKI Jakarta sedangkan Sirkuit Mandalika adalah program nasional dan seluruh tenaga dikerahkan ke sana. Kalau semua APBD DKI dialokasikan ke Formula E, maka program itu boleh disebut sebagai proyek mercusuar Pemerintah DKI.

Lebih lanjut Roy menilai, politik mercusuar sah-sah saja dilakukan oleh pemerintah lewat beberapa proyek yang sudah dan sedang dibangun. Ini menjadi kelaziman dilakukan oleh setiap rezim untuk menunjukkan keberhasilan pemerintahan.

Terlepas dari penilaian bahwa Sirkuit Mandalika merupakan proyek mercusuar, Roy mengapresiasi sirkuit di Lombok Tengah itu karena mendapatkan homolograsi grade A dari Federasi Motor Dunia (FIM).

Namun, Roy menyayangkan gaung keberhasilan pelaksanaan MotoGP Mandalika malah tertutup polemik soal pawang hujan.

KOMENTAR