Saga Tanaman Anti Bakteri Obati Batuk dan Radang Tenggorokan

Hila Bame

Thursday, 15-07-2021 | 13:29 pm

MDN
Biji Tanaman Saga

 

Banten, Inakoran

Saga dengan nama latinnya (Abrus precatorius, Linn.) termasuk jenis tumbuhan perdu dengan pokok batang berukuran kecil dan merambat pada inangnya membelit-belit ke atas. Daunnya majemuk kecil berbentuk bulat telur dapat diperbanyak melalui bijinya. Saga di kenal di sejumlah daerah dengan nama hasebo (Batak), thaga (Aceh), Kundari (Lampung), Seugeu (Gayo) dan lainya.

Daun Saga
 

Kandungan dan khasiat tumbuhan saga secara tradisional empiris

Daun maupun akar mengandung protein, vitamin A,B1, B6, C, kalsium oksalat, glisirizin, flisirizinat, polygalacturomic acid dan pentosan. Daun, batang dan biji mengandung saponin dan flavonoid. Sedangkan batang mempunyai kandungan kimia berupa polifenol. 

Daun tanaman saga bersifat sebagai penyejuk pada kulit dan selaput lendir. Mempunyai aktivitas ekspektoran yang diyakini karena adanya kandungan gliserin yang memacu sekresi mukosa dari trakea. Daun saga diketahui berkhasiat sebagai obat sariawan, obat batuk dan obat radang tenggorokan, untuk bijinya sebaiknya tidak dikonsumsi karna beracun.

Resep alami secara empiris daun saga

1.Mengatasi Flu : flu datang karna adanya virus masuk ke dalam tubuh di karnakan kondisi tubuh sedang menurun. Flu di sebabkan virus yg menyerang hidung, tenggorokan, dan paru-paru dengan meminum ekstrak daun saga di percaya dapat mengatasi flu.

2.Daun saga dapat untuk mengatasi masalah batuk, karna mempunyai sipat Antitusif yang dapat menekan batuk dan melegakan pernapasan dengan rasanya yang manis membuat rasa nyaman saat di konsumsi.

3.Daun saga dapat mengatasi sariawan: Ambil daun yang masih segar dicuci bersih lalu dikunyah halus secukupnya sampai keluar sarinya dan ditempelkan pada sariawannya.

Inako - Agie

TAG#AGIE WAGE

82169667

KOMENTAR