Sepuluh Mahakarya Desain Ridwan Kamil, Masjid Al Mumtadz Paling Memorable

Tommy Duang

Saturday, 18-06-2022 | 12:33 pm

MDN
Desaign Masjid Al Mumtadz

 

JAKARTA, INAKORAN

Untuk mengenang putera sulungnya, Ridwan Kamil mendesain Masjid Al Mumtadz di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Masjid ini menjadi rumah peristirahatan terakhir Emmeril Khan Mumtadz.

 

Masjid Al Mumtadz merupakan desain terbaru dari Ridwan Kamil. Selain masjid ini, ternyata Ridwan Kamil telah mendesain begitu banyak bangunan megah dan ikonik, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Berikut kami rangkumkan sepuluh bangunan megah yang didesain oleh Ridwan Kamil.

Pertama, Museum Tsunami Aceh. Pada tahun 2007, Ridwan Kamil menjadi pemenang sayembara desain Museum Tsunami tingkat internasional.

Di museum yang diresmikan pada tahun 2009 ini, terdapat Sumur Doa yang berupa bangunan menjulang tinggi dengan lafadz Allah di atasnya. Uniknya, di sekeliling dinding bangunan ini, tertulis nama-nama korban yang meninggal akibat tragedi Tsunami Aceh tahun 2004.

Kedua, Rumah Botol Bandung. Sesuai dengan namanya, dinding rumah ini terbuat dari tiga puluh ribu botol bekas. Sebelum dilantik menjadi walikota Bandung, Ridwan Kamil dan keluarga mendiami rumah ini.

Pada tahun 2009, Rumah Botol Bandung meraih penghargaan Green Design Award dari Asia Building Construction Information atau BCI.

Ketiga, Masjid 99 Kubah. Masjid ini terdapat di Makassar dan saat ini masih dalam proses pembangunan. Saking megahnya, Masjid 99 kubah menelan biaya sekitar Rp176 Miliar.

Keempat, Marina Bay Waterfront Master Plan. Bangunan ini merupakan salah satu gedung ikonik di Singapura. Ridwan Kamil menjadi salah satu orang Indonesia yang terlibat dalam proyek pembangunan gedung ikonik ini.

Kelima, Beijing Finance Street. Bangunan yang terletak di Tiongkok ini merupakan karya arsitektur Ridwan Kamil lainnya di luar negeri.

Salah satu spot unik di bangunan ini adalah ruang terbuka hijau dan area parkir tak terlihat di permukaan.

Keenam, Ningbo Newton. Bangunan ini juga terletak di Tiongkok. Ningbo Newton didesain Ridwan Kamil pada tahun 2002 dan saat ini sudah berdiri megah.

Ketujuh, Masjid Al Safar. Masjid dengan desain unik ini terletak di rest area Km 88 Tol Purbaleunyi menuju Jakarta. Dibangun pada tahun 2017, Masjid ini terinspirasi dari topi adat Sunda. Di masjid berkapasitas 1.200 jemaah ini terdapat fasilitas taman dan kolam renang. 

Kedelapan, Masjid Syaikh 'Ajlin. Masjid yang terdapat di Gaza, Palestina ini merupakan salah satu masjid luar negeri yang didesain oleh Ridwan Kamil. Pada Rabu, 7 April 2021, proses pembangunan masjid ini sudah mulai dikerjakan.

Kesembilan, Masjid Raya Al Jabbar. Masjid Raya ini merupakan bangunan terapung yang berlokasi di Gedebage, Bandung. Masjid yang berkapasitas 60 ribu jemaah ini dibangun di lahan seluas 25,9 hektare.

Selain fasilitas manasik haji, masjid ini akan dilengkapi dengan penginapan, perpustakaan, dan ruang pertemuan.

Kesepuluh, Masjid Al Mumtadz. Masjid ini dibangun untuk mengenang Emmeril Khan Mumtadz, putera sulung Ridwan Kamil yang meninggal di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss beberapa waktu lalu. Di masjid inilah, Eril dimakamkan.


 

KOMENTAR