Tersiksa Dengan Flu? 5 Minuman Ini Wajib Dicoba

Binsar

Thursday, 23-06-2022 | 13:31 pm

MDN
Air Jahe mengandung senyawa bioaktif yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi. Kandungan itu membuat jahe mampu memberikan efek menenangkan pada tenggorokan. [ist]

 

 

 

Jakarta, Inakoran

Flue adalah salah satu gangguan kesehatan yang sangat menyiksa. Flue adalah penyakit menular umum yang disebabkan oleh virus, juga dikenal sebagai influenza. Flu sering salah dianggap seperti pilek biasa karena mempunyai gejala-gejala yang sama. Namun, virus yang menyebabkan flu berbeda dari pilek. Flu cenderung lebih serius, bahkan, flu parah dapat membahayakan nyawa.

Flu bisa tertular melalui beberapa cara: pertama, melalui pernapasan, yang ditularkan melalui bersin atau batuk dari orang yang terkena flu, sehingga menimbulkan aerosol (partikel halus yang melayang di udara) yang mengandung virus.

Kedua, berhubungan langsung dengan cairan/lendir yang telah tercemar orang yang terinfeksi, seperti melalui sentuhan, penciuman, atau berbagi peralatan makan.

Ketiga, menyentuh bagian permukaan benda (gagang pintu, handuk, pegangan, remote TV, keyboard, telepon, dll) yang tercemar virus. Virus ini dapat berpindah atau diserap saat kita menyentuh mata, hidung, atau mulut.

Selain mengonsumi obat-obatan, flu dapat diatasi dengan mengonsumsi minuman berikut:

Air lemon

Lemon mengandung vitamin C sehingga bisa menjadi salah satu pilihan obat flu alami. Kita dapat memeras lemon ke dalam campuran minuman herbal favorit kita. Peras setengah potong lemon dan campurkan ke dalam air hangat lalu diminum.

Air jahe

Air Jahe mengandung senyawa bioaktif yang bertindak sebagai agen anti-inflamasi. Kandungan itu membuat jahe mampu memberikan efek menenangkan pada tenggorokan.

Selain itu, jahe juga mengandung senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri atau virus yang dapat menyebabkan infeksi.

Teh peppermint

Kandungan mentol dalam daun peppermint memberikan efek anestesi (penghilang rasa sakit) pada tenggorokan. Efek ini juga bisa menekan batuk yang Anda alami. Tak heran jika kemudian banyak obat batuk yang mengandung ekstrak peppermint.

Teh chamomile

Jenis teh ini mengandung flavonoid, yang memberikan efek tenang dan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Dengan mendapatkan tidur yang nyenyak, secara otomatis flu bisa membaik dengan perlahan.

Tidur nyenyak memberikan waktu bagi tubuh untuk beristirahat sepenuhnya, yang menjadi bagian penting dari proses pemulihan flu.

Teh hijau

Teh hijau  mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan membantu tubuh melawan paparan radikal bebas, termasuk saat terjadi infeksi yang menyebabkan flu. Tak cuma itu, asupan teh hijau juga disebut dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Imun yang baik diperlukan untuk melawan flu.

TAG#jahe, #teh hijau, #lemon, #flue

106175935

KOMENTAR