Antara Ahmad Heryawan, AHY, dan Khofifah, Siapa yang Akan Dipilih Anies?

Tommy Duang

Saturday, 21-01-2023 | 17:42 pm

MDN
Anies Baswedan

 

JAKARTA, INAKORAN.COM

Bakal calon wakil presiden pendamping Anies Baswedan makin mengerucut ke tiga nama, yaitu mantan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

 

Ketiga nama ini diusulkan oleh masing-masing partai anggota koalisi. Ahmad Heryawan diusulkan oleh PKS, Khofifah oleh NasDem, dan AHY oleh Demokrat.

Menarik untuk dinanti, siapa dari ketiga tokoh ini yang akan disetujui, baik oleh koalisi maupun oleh Anies Baswedan sendiri.

Ketiga tokoh ini memiliki keunggulan masing-masing. Menurut Demokrat, AHY adalah satu-satunya tokoh selain Anies Baswedan yang konsisten menyuarakan perubahan.

Karena itu, AHY dinilai paling cocok untuk diusung. Lagipula, putera SBY itu bisa memperkuat basis Anies di DKI Jakarta.

 

Ahmad Heryawan dinilai bisa menjadi magnet untuk menjaring kantong-kantong suara di Jawa Barat.

Apalagi setelah Gubernur Ridwan Kamil bergabung dengan partai Golkar, Anies diperkirakan sulit meraup suara di Jawa Barat.

Untuk mengatasi hal itu, penunjukkan Ahmad Heryawan sebagai cawapres dinilai sebagai langkah yang baik.

Sedangkan Khofifah memiliki basis pemilih besar di Jawa Timur. Jika Khofifah dipilih, bukan tidak mungkin suara-suara di Jawa Timur akan mengalir untuk Anies.

 

KOMENTAR