Jack Ma Resmi Mundur dari Alibaba

Sifi Masdi

Tuesday, 10-09-2019 | 17:06 pm

MDN
Jack Ma

Jakarta, Inako

Tahun 2019 menjadi tahun yang spesial bagi Alibaba. Tahun ini raksasa e-commerce China ini resmi berusia 20 tahun. Selain itu, mulai hari ini  Jack Ma resmi mengundurkan diri sebagai chairman Alibaba.

Dalam 20 tahun di bawah kepemimpinan Jack Ma, Alibaba telah bertransformasi menjadi perusahaan e-commerce tradisional menjadi perusahaan teknologi konglomerasi yang menguasai bisnis logistik, pengiriman makanan, e-commerce hingga cloud computing. Saat ini valuasi Alibaba mencapai US$ 460 miliar.

Simak video InaTv dan jangan lupa klik "subscribe and like" menuju Indonesia Maju.

 

Berikut perjalanan Jack Ma dan Alibaba, seperti dilansir beberapa media internasional, Selasa (10/9/2019):

Awal perjalanan: April 1999

Alibaba didirikan oleh 19 orang yang dipimpin oleh Jack Ma. Website pertama perusahaan adalah Alibaba.com dan pada tahun yang sama mereka meluncurkan marketplace dengan nama yang sama.

Softbank Jadi investor Alibaba : Januari 2000

Softbank menjadi investor awal yang membantu Alibaba tumbuh dengan kencang. Pada awal 2000 tersebut Alibaba mendapat suntikan dana US$20 juta dari sejumlah investor yang dipimpin oleh Softbank.

Taobao diluncurkan : Mei 2003

Taobao adalah marketplace di mana pihak ketiga bisa menjual produknya kepada masyarakat China. Taobao kini menjadi salah satu penyumbang pendapatan terpenting bagi Alibaba.

Alipay dirilis : Desember 2004

Alipay kini menjadi satu dari dua pembayaran digital yang paling populer di China selain WeChat Pay dari Tencent. Alipay menjadi kunci bagi Alibaba karena berhasil merevolusi kebiasaan masyarakat China ke transaksi non-tunai.

 

 

TAG#Alibaba, #Jack Ma, #E-commerce

19214518

KOMENTAR