Linting Daun, Lagu yang Viral 16 Tahun Setelah Diproduksi

Tommy Duang

Monday, 13-06-2022 | 10:29 am

MDN
Ayi Kreepeek, pencipta lagu Linting Daun (Say No To Drugs)

 

JAKARTA, INAKORAN

Pada pertengahan tahun 2022 ini, viral di berbagai platform media sosial sebuah lagu yang berjudul Linting Daun. Lagu ini diciptakan pada tahun 2005 dan baru viral 16 tahun kemudian.

 

Lagu ini digubah oleh seorang musisi Gorontalo benama Ali Ridwan Gailea atau lebih dikenal dengan nama panggung Ayi Kreepeek.

BKKBN Provinsi Gorontalo menyelenggarakan lomba menggubah lagu tentang narkoba dan AIDS di TVRI Gorontalo pada tahun 2005. Linting Daun diciptakan dalam rangka mengikuti lomba itu.

Namun sayang sekali, lagu yang berjudul asli Say No to Drugs ini dinyatakan tidak lolos oleh panitia penyelenggara lomba.

Karena tidak lolos dalam perlombaan, pada tahun 2006, Ayi Kreepeek memasukkan lagu ini ke dalam albumnya. Akan tetapi karena sepinya peminat, lagu ini tidak dijadikan sebagai prioritas.

 


Baca juga

Jepang Sampaikan Kekhawatiran Atas Pesawat Pembom China yang Melintasi Jepang Belum Lama Ini


 

Linting Daun ditempatkan pada urutan sembilan dari sepuluh lagu yang ada dalam album tersebut.

Akan tetapi, tanpa disangka-sangka, pada pertengahan tahun 2022 ini lagu tersebut menjadi viral di berbagai platform media sosial.

Sesuai dengan tujuan penciptaannya, lagu ini berkisah tentang bahaya penggunaan narkoba. Frasa linting daun digunakan karena pada saat itu narkoba jenis ganja marak digunakan.

Melalui lagu ini Ayi Kripik menyampaikan pesan kepada semua orang supaya tidak menggunakan narkoba.

 

KOMENTAR