Mau Tau Jenis Konten yang Paling Banyak Ditonton di YouTube?

Hila Bame

Tuesday, 12-10-2021 | 16:30 pm

MDN
[ilustrasi]

 

 

JAKARTA, INAKORAN

Perkembangan dunia digital merubah kebiasaan orang hingga mendisrupsi dunia bisnis, pekerjaan dan lain sebagainya.

Menonton film yang sebelumnya didominasi  oleh bioskop, kini seiring perkembangan teknologi hanya melalui pesawat smartphone pun bisa.

 

Perubahan itu tidak lagi bergerak secara deret ukur melainkan eksponensial. Banyak pekerjaan digantikan robot kecuali "rasa", katakanlah rasa cinta.

 

Demikian hiburan hampir semua berubah tanpa dapat di rem laju perubahannya. 

Kanal Youtube menjadi aplikasi andalan sebagai sumber tontonan gratis, hanya saja kuota intenet terkadang menguras isi kantong. 

Film merupakan konten YouTube yang paling sering ditonton oleh pengguna internet di Indonesia yakni sebesar 16,2%. Hal itu berdasarkan hasil riset Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) yang dirilis pada November 2020.

 


baca: 

Indonesia Jadi Pasar Kedua Terbesar TikTok di Dunia pada 2020


Konten YouTube selanjutnya yang paling sering ditonton pengguna internet yakni musik, olahraga, dan kuliner masing-masing sebesar 13,6%, 8,9%, dan 7,7%. Kemudian konten traveling, dunia entertainment, dan ceramah agama masing-masing sebesar 7,1%, 5,6%, dan 5,3%. 

 

Riset Asosiasi Jasa Penyelenggara Internet Indonesia ini dilakukan pada 2 sampai 25 Juni 2020 lalu terhadap 7.000 responden melalui metode wawancara kuesioner.

 

 

KOMENTAR