Ratusan Kampung di Jayawijaya Belum Terkoneksi Internet

Inakoran

Sunday, 11-03-2018 | 04:49 am

MDN

Wamena, Inako –



Ratusan kampung di kabupaten Jayawijaya Papua belum tersambung internet hingga hari ini. Data pemerintah kabupaten menunjukkan, jumlah kampung di kabupaten itu sekitar 328, dan 300 di antaranya belum tersambung internet sehingga warga tidak bisa memanfaatkan layanan telepon, internet, panggilan atau pesan singkat.

Menyikapi kondisi itu, Kepala Dinas Kominfo Jayawijaya Isak Sawaki di Wamena, ibu kota Kabupaten Jayawijaya, Jumat, mengatakan, pihaknya saat ini sedang mengusulkan ke pihak terkait agar membangun fasilitas pendukung kebutuhan internet, pesan singkat dan panggilan di wilayah itu.

"Kami perkirakan kampung yang belum terjangkau internet atau yang ada tetapi putus-putus itu sekitar 300-an, jadi kemungkinan kalau rencana ini disetujui berarti sekitar 300-an `base transceiver station` (BTS) yang akan dibangun di kampung-kampung," katanya.

Isak mengatakan sedang dibangun koordinasi dengan kepala-kepala distrik untuk mendata masing-masing kampung terutama yang berada pada radius dua kilometer agar dibangun BTS di antara kampung tersebut.

"Karena jangkauan satu BTS itu dua kilometer sehingga kami minta kepala distrik untuk mereka menyusun data kampung yang berdekatan dalam radius 2 kilometer itu dijadikan satu," katanya.

Program kampung berdering yang direncanakan pemkab ini akan bekerjasama dengan PT Telkomsel.

TAG#Internet, #Kampung Papua

84462328

KOMENTAR