Tinjau Area Pembibitan Pohon, Jokowi: Pembangunan IKN Nusantara bisa Menyelamatkan Lingkungan Hidup

Tommy Duang

Wednesday, 22-06-2022 | 14:17 pm

MDN

 

JAKARTA, INAKORAN

Presiden Joko Widodo meninjau area pembibitan pohon untuk ditanam di kawasan Ibu Kota Negara Nusantara pada Rabu (22/6/2022). Area pembibitan itu terdapat di Mentawir, Penajam Paser, Kalimantan Timur.

 

Saat ini penyediaan bibit pohon menjadi salah satu proyek prioritas untuk menepis kekhawatiran pembangunan IKN Nusantara berdampak buruk bagi lingkungan hidup.

Menurut Jokowi, IKN sama sekali tidak merusak lingkungan. "Justru pembangunan ibu kota bisa menyelamatkan lingkungan," ungkap Jokowi.

IKN dibangun dengan konsep kota di dalam hutan dan bukan sebaliknya, hutan di dalam kota. Oleh karena itu, Jokowi menargetkan minimal 75 persen area IKN akan ditanami pohon.

"Saya pernah marah ke Bu Siti karena memasang backdrop penanaman 1 miliar pohon. Saya tanya, tunjukkan seribu saja mana pohonnya," ungkap Jokowi.

Di area IKN, terdapat banyak lubang bekas tambang yang ditinggalkan tanpa reklamasi. Pembangunan IKN nantinya akan berjalan beriringan dengan pemulihan lahan-lahan yang sudah rusak itu.

Menurut Jokowi, banyak lembaga ingin berinvestasi dalam pembangunan IKN ini, salah satunya Bank Dunia. Kelak, IKN akan dimasukkan dalam skema perdagangan karbon.

Ada banyak jenis pohon yang diproduksi di area pembibitan tersebut. Di antaranya kayu putih, kapur, bangkirai.

Pembibitan itu menargetkan jumlah 15 juta pohon tiap tahunnya. Saat ini, jumlah yang telah diproduksi mencapai angka 760 ribu pohon.

 

 

KOMENTAR