Akhiri ‘Shutdown’ Trump Bilang Demokrat Sudah Sadar

Inakoran

Tuesday, 23-01-2018 | 23:41 pm

MDN
Presiden AS Donald Trump [ist]

ong>Washington, Inako –

Pemerintah Amerika Serikat mengakhiri ‘shutdown’ atau penutupan pemerintah federal pada Senin (22/1/2018) waktu setempat.

Keputusan mengakhiri shutdowm diambil pasca Kongres Amerika Serikat meloloskan anggaran pemerintah tahun 2018.

Seperti diketahui, keputusan untuk menutup pemerintah federal diambil pada Sabtu (20/1/2018) setelah pemerintah dan The House of Representative (HOR) atau DPR gagal mencapai kesepakatan soal anggaran tahun ini.

Akan tetapi, dalam pemungutan suara oleh The House of Representative (HOR) atau DPR, kemarin, posisi HOR berubah. Hal itu terlihat dari total suara yang menyetujui anggaran yang mencapai 266, sedangkan yang tidak setuju 159 suara.

Sementara itu, di Senat, yang merupakan perwakilan dari tiap-tiap negara bagian yang dipilih oleh rakyat negara bagian yang bersangkutan, voting menghasilkan suara 81-18.

Hasil voting itu dengan jelas memperlihatkan mayoritas senator Partai Demokrat telah bergabung dengan 49 senator Partai Republik untuk meloloskan anggaran pemerintah tahun ini.

Melihat hasil voting tersebut, Presiden Trump memuji Demokrat dengan mengatakan bahwa dirinya senang Demokrat di Kongres telah sadar, dan sekarang bersedia untuk mendanai militer yang besar, patroli perbatasan, dan asuransi untuk anak-anak yang rentan.

"Saya senang Demokrat di Kongres telah sadar, dan sekarang bersedia untuk mendanai militer yang besar, patroli perbatasan, dan asuransi untuk anak-anak yang rentan," katanya.

Perundingan baru akan mulai berlangsung pada pekan ini untuk mencegah Pemerintah AS tutup lagi dalam tiga pekan ke depan.

Kendati Demokrat dan Republik di Kongres telah berjanji untuk beritikad baik dan mencapai kesepakatan dalam tiga pekan, beberapa analis justru meragukannya.

Presiden AS Donald Trump, dalam pernyataannya pada Senin (22/1/2018) malam, mengatakan pemerintah dalam tahap untuk buka kembali dan bakal menyoroti masalah undang-undang imigrasi jika baik untuk negara.

 

 

 

 

TAG#Trump, #Demokrat, #As, #Shurtdown

68113058

KOMENTAR