Cai fan, disebut juga nasi sayur Ala Singapura

Hila Bame

Tuesday, 07-03-2023 | 13:35 pm

MDN
Cai fan, disebut juga nasi sayur Ala Singapura

 

 

SINGAPURA, INAKORAN

Ini mungkin tidak akan mendapatkan penghargaan Michelin atau peringkat makanan online teratas, tetapi Anda tidak akan salah dengan nasi ekonomis. Cai fan, disebut juga nasi sayur campur, adalah salah satu makanan andalan di Singapura.

Dengan berbagai macam hidangan yang dimasak ditampilkan yang dapat ditunjukkan oleh pelanggan dengan mudah, akan lebih mudah bagi orang sibuk untuk menikmati makanan yang cepat dan memuaskan. Di atas segalanya, dengan ekonomi dalam namanya, itu dikenal - dan diharapkan - terjangkau.

Jadi sesekali, pelanggan yang tidak puas menggunakan media sosial dengan gelisah dan beberapa warung nasi ekonomi menarik kritik karena harganya, terutama di tengah inflasi tinggi dan meningkatnya biaya hidup.

Dalam satu insiden yang diposting di forum online Reddit, seorang pelanggan tidak percaya bahwa sepiring nasi dengan satu daging dan dua hidangan sayuran berharga S$5,70. Pelanggan lain yang tidak puas mengklaim di Facebook bahwa dia telah ditagih S$5 dan S$9 untuk makanan yang sama di warung yang sama pada hari yang berbeda.

Meskipun nasi padang secara umum diterima lebih mahal daripada nasi ekonomi, netizen juga mengeluh, seperti yang tiba-tiba ditagih S $ 24 untuk makanan yang termasuk telur ikan.

Di sisi lain, warung nasi ekonomis di Bedok dan Hougang dipuji karena mempertahankan harga S$2 untuk sepiring dengan tiga hidangan. Perbedaan besar dalam harga pasar tidak luput dari perhatian di era digital saat ini.

JANGAN ORDER IKAN?


Kami mengetahui beberapa alasan yang biasanya dikutip untuk memperhitungkan kenaikan harga:

Kenaikan biaya makanan segar, gaji dan sewa pekerja, serta dampak kenaikan 1 poin persentase dalam Pajak Barang dan Jasa (GST) baru-baru ini . Tapi apakah ini cukup membenarkan kenaikan harga beras ekonomi?

Inflasi tentu saja menaikkan harga segala sesuatu. Indeks harga konsumen makanan jajanan naik sebanyak 8,3 persen pada Januari 2023 dibandingkan dengan Januari 2022.

Departemen Statistik Singapura menunjukkan harga eceran rata-rata untuk beras ekonomi (satu daging, dua sayuran) sebesar S$3,74 pada Januari 2023 - ini mungkin lebih mendekati harga yang dibayar sebagian besar pelanggan dibandingkan dengan anekdot harga tinggi yang dikomentari beberapa orang secara online.

Kemudian lagi, tidak semua hidangan sama.

Ketika netizen mengeluhkan harga beras yang ekonomis, respon yang umum adalah menghindari memesan ikan.

Harga ikan umumnya lebih tinggi dan meningkat cukup drastis melebihi indeks inflasi.

Dilaporkan bahwa harga berbagai jenis ikan meningkat sekitar S$5 hingga S$10 per kg pada awal tahun 2023.

Hal ini mungkin menyebabkan beragamnya harga yang dialami oleh beberapa pelanggan.

 

TAG#NASI CAMPUR, #SINGAPURA

163138448

KOMENTAR