Cintai Dirimu sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain, Ini Resepnya

Hila Bame

Wednesday, 24-05-2023 | 11:10 am

MDN
Ilustrasi

 

JAKARTA, INAKORAN

Mencintai orang lain atau pasangan beda gender itu baik  dan memang baik adanya. Pakar Psikolog menyarankan sebelum mencintai oran lain, cintailah dirimu sendiri agar orang lain ikut mencintaimu. Perbaiki penampilan lahiriahmu sebelum dirimu dicintai.  

Ada banyak cara, mulai dari menahan amarah menumbuhkan rasa sabar adalah salah satu aspek menuju kondisi lahiriah penuh pesona dan, tentu mempesona banyak orang sekitarmu.

Tidak mengkondisikan orang lain untuk mendapatkan fasilitas keuangan adalah salah satu aspek penting dalam hidup agar lebih banyak dicintai. 

Sebaliknya tanggap akan kondisi sesorang yang memang benar-benar membutuhkan uluran tangan merupakan pintu ganteng atau cantik bagi siapa pun. 

Banyak orang ketika dia sedang jatuh cinta, biasanya mereka akan sibuk mencari berbagai hal yang dapat mereka gunakan untuk menunjukkan kasih sayang ke pujaan hatinya. 

Tidak jarang pula, orang-orang tersebut menjadi lupa dirinya sendiri bahwa selain memberikan kasih sayang ke orang lain, dirinya pun perlu diberikan kasih sayang.

Jatuh cinta terkadang membuat seseorang rela mengorbankan segala yang dimilikinya. Memberikan seluruh waktu dan tenaganya untuk orang terkasih pun sering dilakukannya, sampai pada akhirnya mereka menjadi lupa tentang bagaimana caranya mencintai diri sendiri.

Memberikan cinta dan kasih sayang kepada diri sendiri, itu bukan berarti seseorang egois.  Berikanlah kasih sayangmu kepada diri sendiri juga, karena itu sebagai awal  menghargai diri sendiri, meski hatimu sedang mencintai orang lain.

 

Berikut ada beberapa wujud kasih sayang yang perlu mendapat perhatian kepada dirimu sendiri sebelum dicintai 

Lebih baik dicintai dari pada mencintai 

1. Selalu bersikap jujur kepada diri sendiri 

Kejujuran adalah nilai yang perlu dimiliki, apalagi terhadap diri sendiri. Ketika ada orang yang berbohong padamu saja, pasti rasanya akan sangat sakit, bukan? Oleh karena itu, berusahalah untuk selalu bersikap jujur kepada diri sendiri. Berikanlah kasih sayang kepada dirimu sendiri, dengan cara selalu mengutamakan kejujuran.

Salah satu contoh yang bisa kamu lakukan untuk bersikap jujur pada diri yaitu, apabila kamu saat ini merasa kurang nyaman dengan kondisimu sendiri, maka lakukanlah berbagai cara, agar kamu bisa menciptakan perubahan yang lebih positif dan bisa membuatmu menjadi lebih nyaman lagi.

 

Apa pun yang hatimu inginkan, jangan takut dan ragu untuk mewujudkannya menjadi kenyataan. Ketika kamu sudah bisa memberikan kasih sayang pada diri sendiri, maka hidupmu akan terasa sangat berarti.

2. Kepercayaan pada kemampuan diri 

 

5 Wujud Kasih Sayang yang Perlu Diberikan ke Diri Sendiri

ilustrasi menyayangi diri sendiri (pexels.com/KoolShooters)

 

 

2. Kepercayaan pada kemampuan diri 

Kepercayaan pada kemampuan diri itu juga salah satu wujud dari kasih sayang kepada diri sendiri, lho. Percaya dengan segala kelebihan yang kamu miliki untuk mencapai keberhasilan hidup. Percaya bahwa keahlian yang ada dalam dirimu itu dapat meningkatkan kualitas hidupmu, dan sebagainya.

Jangan hanya memberikan kepercayaan kepada orang lain saja.

Percaya kepada diri sendiri, bukan berarti kamu keras kepala, ya. Namun, yakin dengan kemampuan yang dimiliki diri supaya bisa lebih mandiri dan gak bergantung kepada orang lain, saat kamu sedang dalam kondisi yang cukup sulit. Dengan begitu, serumit apa pun situasi dan kondisi yang kamu hadapi, kamu akan mampu untuk terus berjuang dan bangkit, meski sempat terjatuh berkali-kali.

 

3. Berbaik hati kepada diri sendiri 

Wujud kasih sayang berikutnya yang perlu kamu berikan kepada diri sendiri yaitu, kebaikan hati. Berusahalah untuk selalu bisa berbaik hati secara lahir dan batin kepada dirimu sendiri. Kendalikan emosi negatif agar jangan sampai menguasai dirimu. Apabila suatu ketika muncul emosi yang cenderung negatif, maka luapkanlah dengan cara yang lebih positif.

Berbaik hati kepada diri sendiri juga bisa kamu lakukan dengan cara menghindari orang-orang yang kehadirannya selalu membawa luka untukmu. Ketika kamu menjaga hati agar jangan sampai tersakiti, namun kamu masih membiarkan orang-orang yang negatif berada dalam lingkaranmu, maka itu gak akan membuahkan hasil yang positif. Berbaik hatilah pada diri dengan cara, memberikan batasan kepada siapa saja orang-orang yang boleh mendekat padamu.

4. Melatih diri untuk bisa bersabar 

Kasih sayang berupa rasa sabar juga perlu kamu berikan kepada dirimu sendiri. Jangan terlalu menuntut diri, agar bisa cepat dalam meraih tujuan hidup. Semua hal membutuhkan proses, apalagi jika berbicara tentang kesuksesan meraih tujuan hidup sendiri, itu ada langkah-langkah yang harus kamu lalui secara bertahap, dan pasti membutuhkan waktu yang gak singkat.

Melatih kesabaran terhadap diri sendiri, membuatmu menjadi bisa mengendalikan hidupmu sendiri, karena kamu menjadi paham dan mengetahui dengan pasti kapan saatnya kamu beristirahat sejenak, dan kapan saatnya kamu kembali berjuang. Dengan begitu, kamu pun akan menjadi lebih realistis dan mampu menerima segala kenyataan hidup, bahwa dalam proses berjuang pasti akan ada saatnya terjatuh, dan yang perlu kamu lakukan adalah bersabar serta fokus untuk bangkit kembali.

5. Berikan apresiasi pada dirimu sendiri 

Memberikan apresiasi kepada diri sendiri merupakan salah satu wujud kasih sayang yang perlu kamu berikan kepada diri. Ketika kamu mampu mengapresiasi diri sendiri, itu tandanya kamu menerima dirimu secara apa adanya, dengan berbagai kelebihan dan kekurangan yang ada.


baca: 

Altruisme, Bangun Kepedulian, Dunia Bergerak ke Arah Positif

 


Manusia memang makhluk yang paling sempurna, namun bukan berarti diri seseorang itu benar-benar sempurna seluruhnya, pasti ada kekurangan yang dimilikinya, dan kamu mampu menyadari hal tersebut.

Pahamilah bahwa terlepas dari berbagai kebaikan yang kamu lakukan, pasti ada saja orang-orang yang tidak  menyukaimu.

Meskipun, ada beberapa orang yang menganggapmu masih kurang untuk mereka, sebaiknya biarkan saja.

Selama kamu sudah berbuat baik dan kamu sendiri merasa nyaman dengan itu, maka tetaplah berikan apresiasi pada dirimu sendiri, karena hal ini sebagai bentuk kamu mencintai diri.

Selain ke pasangan, teman-teman, keluarga dan lainnya, memberikan kasih sayang kepada diri sendiri juga perlu banget kamu lakukan.

Kemampuan mencintai diri sendiri akan sangat penting untuk menjalani hidup, karena apabila suatu saat kamu sedang dalam posisi yang harus berjuang sendiri, kamu akan tetap mampu bertahan dan berbahagia di hati.

 

 

KOMENTAR