Diduga Karena Cuaca Ekstrim, Puluhan Ton Ikan Di Waduk Darma Mati

Inakoran

Friday, 01-06-2018 | 00:59 am

MDN
Puluhan ton ikan budidaya jala apung Waduk Darma d
Kuningan, Inako –  

Diduga karena cuaca ekstrim, sekitar puluhan ton ikan tambak air tawar milik warga di waduk Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, Selasa (29/5/2018), mati mendadak.

Waduk Darma yang berlokasi di Desa Jagara, Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan, memang telah lama dijadikan sebagai lokasi budi daya ikan air tawar jenis ikan mas dan nila, oleh ratusan warga yang tinggal di desa sekitar waduk.

[caption id="attachment_30608" align="alignleft" width="500"] Waduk Darma, Kuningan, Jawa Barat [ist][/caption]Seorang petani tambak bernama Isus, menuturkan, kejadian semacam ini memang kerab terjadi setiap tahun. Namun, karena ikan yang mati itu sudah siap panen menjelang idul fitri ini, maka dia bersama teman lainnya merasa kecewa dan mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Meski mengaku pasrah dengan kejadian itu, para petambak masih bisa menjual ikan mati kepada sejumlah warga dengan harga yang sangat murah antara Rp 5 ribu hingga Rp 10 ribu per kilonya.

Harga itu tentu jauh di bawah harga normal yakni sekitart Rp 23 ribu per kilogramnya, bila dalam keadaan hidup.

Para petani tambak berharap pemerintah memberi bantuan kepada mereka yang saat ini mengalami kerugian yang sangat besar akibat ikan mati mendadak tersebut.

KOMENTAR