Siapapun Gubernurnya, Program ‘Citarum Harum’ Tetap Berlanjut

Inakoran

Tuesday, 06-03-2018 | 00:20 am

MDN
Pemkot Bandung Kucurkan Rp 110 Miliar untuk Penata
Bandung, Inako –

Program Citarum Harum yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan tetap berlanjut hingga sungai Citarum benar-benar bersih sebagaimana didambakan semua warga Kota Bandung.

Karena itu, siapapun yang akan terpilih menjadi gubernur dalam pilkada Jawa Barat Juni mendatang, program ini akan tetap berjalan sesuai rencana awal.

Hal itu ditegaskan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Jabar Anang Sudarna, di Bandung, Minggu (4/3/2018).

"Artinya, siapapun gubernurnya, pangdamnya, Citarum Harum akan terus berjalan,” katanya.

Sebelumnya, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Doni Monardo yang menegaskan, Program Citarum Harum akan diperkuat dengan peraturan presiden (perpres) dan dibentuk satuan tugas (Satgas) setingkat badan. Jadi meski gubernur dan pangdam berganti, Citarum Hatum tak akan berhenti.

Citarum memang pantas dipelihara, sebab sungai kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu telah menghidupi jutaan warga yang melakukan aktivitas perekonomian di sepanjang daerah aliran sungai tu sepanjang tahun.

Sementara itu, Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jabar Dadan Ramdan Hardja mengatakan, Program Citarum Harum belum bisa dikatakan menyelesaikan permasalahan lingkungan DAS Citarum. Karena, Walhi Jabar melihat pemulihan ekosistem Citarum yang dilakukan masih parsial.

KOMENTAR