Pemda Jabar Akan Bangun Jalur Baru di Tanjakan Emen

Inakoran

Saturday, 24-03-2018 | 00:47 am

MDN
Selain Tanjakan Emen, ada beberapa tanjakan lain y
Bandung, Inako – 

Untuk mencegah kecelakaan kembali terjadi di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang, Jawa Barat, pihak pemda setempat tengah membangun jalur penyelamat di lokasi itu.

Rencana tersebut dikemukanan oleh Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat M Guntoro, di Bandung, Kamis (22/3/2018).

"Salah satu alokasi anggaran yang menjadi prioritas adalah sebesar Rp3 miliar guna membangun escape road di Tanjakan Emen, di Kabupaten Subangm," katanya.

Menurut Guntoro, pembuatan jalur penyelamatan itu sedang dikebut, lantaran dua kecelakaan kembali terjadi di lokasi itu. "Dan itu hanya satu titik sepanjang 3 kilometer biayanya Rp3 miliar," kata dia.

Menurut Guntoro, untuk tahun depan pihaknya sudah merencanakan untuk mengalokasikan anggaran Rp130 miliar guna membangun jalan lingkar Emen sepanjang 7 kilometer.

“Proyek ini sudah pasti berjalan mengingat PTPN sudah siap melepas lahannya. Nanti akan ada ganti rugi, tapi tahun ini kita anggarkan untuk menyusun details engineering design-nya dulu," katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Jawa Barat Ali Hasan meminta Bina Marga Jawa Barat tak hanya memfokuskan anggaran besar di Tanjakan Emen, Kabupaten Subang.

Menurutnya selain tanjakan Emen, ada 13 ruas jalan rawan yang tersebar di Jawa Barat, dua diantaranya adalah kewenangan pemerintah provinsi yakni di kawasan Cipageran dan Leuwigajah, Kota Cimahi.

TAG#Jabar, #Subang, #Tanjakan Emen

23847992

KOMENTAR