Hallo Riders, Kenali Perbedaan Mendasar Ban Biasa dan Ban Tubeless

Tommy Duang

Thursday, 16-06-2022 | 14:26 pm

MDN
Ilustrasi

 

JAKARTA, INAKORAN

Salah satu unsur penting pada kendaraan bermotor adalah ban. Oleh karena itu, untuk setiap pengendara perlu selalu memperhatikan unsur yang satu ini. Sebab keberadaannya berkaitan langsung dengan keselamatan dan kenyamanan berkendara.

 

Ada banyak jenis ban kendaraan. Di pasaran, umumnya kita menemukan dua jenis ban, yaitu ban tubeless dan ban biasa. Kita perlu mengenali perbedaan mendasar kedua jenis ban ini.

Pertama, ban tubeless. Dikutip dari lamar Daihatsu, ban tubeless memiliki bahan material yang solid karena terbuat dari karet yang dilapisi dengan fluid sealant. Fluid sealant tersebut memungkinkan ban tubeless bisa melewati berbagai medan jalan.

Walaupun demikian, ban tubeless memiliki kekurangan dari segi kenyamanan dan waktu pakai.

 


Baca juga

Peduli Kesehatan Mental, Marshanda Colek Presiden Jokowi


 

Walaupun lebih solid dan bisa melewati berbagai medan, ban tubeless terasa kurang nyaman ketika dipakai dan ban tubeless memiliki masa pakai yang pendek dibandingkan ban biasa, yaitu sekitar 1,5 tahun.

Kedua, ban biasa. Perbedaan paling mendasar antara ban tubeless dan ban biasa adalah bawah ban biasa memiliki ban dalam. Keduanya memang sama-sama terbuat dari karet.

Salah satu keunggulan ban biasa jika dibandingkan dengan ban karet adalah ban biasa lebih cocok digunakan ketika melewati jalan yang basah dan licin karena hujan.

Dari segi kenyamanan, ban biasa memiliki keunggulan lebih. Ban ini lebih nyaman digunakan ketimbang ban tubeless.

 

KOMENTAR