Ketika coronavirus melonjak, Trump di bawah tekanan untuk mengadopsi topeng

Hila Bame

Monday, 29-06-2020 | 00:02 am

MDN
Presiden AS Donald Trump terlihat diapit oleh pejabat gugus tugas koronavirus Gedung Putih Deborah Birx (kiri) dan Anthony Fauci (kanan), pada 15 Mei 2020.

 

Washington, DC, Inako

Presiden Donald Trump menghadapi tekanan bipartisan yang meningkat pada hari Minggu (28 Juni) untuk memberi contoh dengan mengenakan masker wajah, ketika sekretaris kesehatannya memperingatkan "jendela sedang ditutup" untuk mengendalikan ledakan infeksi yang dipimpin konservatif yang dipimpin Negara bagian AS.

BACA JUGA:   

Beijing akan lebih memilih istilah lain dari kekacauan Trump daripada kepresidenan Biden

 

Kasus-kasus virus korona baru telah melonjak di lebih dari setengah negara bagian AS, mencapai rekor tertinggi baru setelah berbulan-bulan upaya mitigasi diterapkan secara tidak merata di seluruh negara dan terkadang pesan yang kontradiktif dari pemerintah.

 

BACA JUGA:  

Florida mencatat Rekor kasus COVID-19 dalam sehari, Pantai segera ditutup

 

Yang paling terpukul adalah negara bagian selatan dan barat yang mendorong pembukaan kembali ekonomi awal.

Tetapi peningkatan terbaru, mendorong total negara yang dinyatakan lebih dari 2,5 juta kasus dan jumlah kematiannya melewati 125.000, telah mendorong seruan meningkatnya seruan untuk peraturan dan penegakan yang lebih keras.

"Ini adalah situasi yang sangat, sangat serius dan jendela menutup bagi kita untuk mengambil tindakan dan mengendalikan ini," kata Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Alex Azar di CNN.

POSISI UNIK

Azar ditanya mengapa Trump menolak untuk memberi contoh dengan mengenakan topeng pelindung di depan umum - bahkan ketika berdiri di samping penasihat kesehatan yang mengenakan topeng - dan mengulangi penjelasan Gedung Putih bahwa presiden diuji setiap hari dan "dalam keunikan". posisi "sebagai pemimpin dunia.

Tetapi banyak Republikan yang biasanya enggan mengkritik presiden telah menyerukan lebih keras untuk penggunaan topeng, dengan beberapa mendesak contoh yang lebih jelas dari pemimpin bangsa.

"Jika mengenakan topeng itu penting, dan semua pakar kesehatan memberi tahu kami bahwa itu adalah ... itu akan membantu jika dari waktu ke waktu presiden akan mengenakannya untuk membantu kami menyingkirkan debat politik ini yang mengatakan jika Anda mendukung Trump , Anda tidak mengenakan topeng, jika Anda menentang Trump, Anda melakukannya, "Senator Republik Lamar Alexander mengatakan pada hari Minggu di CNN.

Di beberapa daerah, memakai topeng lebih disukai daripada dilihat sebagai pilihan kesehatan langsung.

Di antara Republikan menyerukan kuat untuk mengenakan topeng adalah Senator Marco Rubio dari Florida - yang telah membuat catatan harian kasus COVID-19 baru; Pemimpin senat, Mitch McConnell dari Kentucky; dan Gubernur Greg Abbott dari Texas, negara bagian lain yang melihat peningkatan besar dalam beberapa kasus setelah bergerak secara agresif untuk membuka kembali ekonominya.

Di Phoenix, Gubernur Doug Ducey mengenakan topeng pada hari Kamis ketika dia memperingatkan sesama warga Arizon bahwa "kita sedang dihantam keras sekarang." Pertahanan terbaik melawan COVID-19, katanya kepada media lokal, adalah memakai topeng pelindung

LAMA TERTUNDA

Liz Cheney, seorang anggota kepemimpinan DPR, telah tweet gambar ayahnya, mantan wakil presiden AS, mengenakan topeng di bawah kata-kata: "Dick Cheney mengatakan WEAR A MASK # realmenwearmasks"

Wakil Presiden Mike Pence kadang-kadang memakai topeng di depan umum tetapi berhenti menganjurkan pemakaian topeng ketika dia memimpin pengarahan pertama dalam dua bulan dari satgas coronavirus Gedung Putih pada hari Jumat.

Pence melakukan perjalanan pada hari Minggu ke Texas untuk melakukan briefing dengan Gubernur Abbott mengenai respons pandemi, tetapi telah membatalkan acara mendatang di Arizona dan Florida "karena sangat hati-hati."

Ditanya mengapa pemerintah tidak mendorong topeng lebih keras, Pence mengatakan kepada CBS pada hari Minggu bahwa "kami percaya bahwa setiap negara memiliki situasi yang unik" dan bahwa "kami ingin tunduk kepada gubernur" untuk memutuskan aturan untuk negara mereka sendiri.

Beberapa Demokrat menginginkan Trump tidak hanya untuk memberikan contoh tetapi untuk mengamanatkan mengenakan topeng nasional - termasuk saingan Gedung Putih Trump Joe Biden yang mengatakan ia akan berusaha membuat topeng wajib di ruang publik.

Ditanya di ABC apakah dia akan mendukung langkah seperti itu, Ketua DPR Nancy Pelosi menyebutnya "pasti lama tertunda.


Ketua  DPR AS Nancy Pelosi, terlihat mengenakan topeng pelindung pada briefing 7 Mei 2020, telah mendesak Presiden Donald Trump untuk memberi contoh dengan melakukan hal yang sama.
 

"Kami memiliki catatan terburuk dari negara mana pun di dunia. Dan presiden mengatakan kami membuat kemajuan."

Dia menambahkan, "Presiden harus menjadi contoh. Pria sejati memakai topeng. Jadilah contoh untuk negara dan memakai topeng."

 

 

 

 

TAG#AS, #CORONA VIRUS, #TRUMP

53930697

KOMENTAR