Mengenal Rumah Bale Lumbung di NTB

Binsar

Tuesday, 19-04-2022 | 12:43 pm

MDN
Rumah adat Bale Lumbung, NTB [ist]

 

 

Jakarta, Inako

Bale Lumbung merupakan salah satu rumah adat di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Meski berstatus rumah adat, Bale Lumbung tidak difungsikan sebagai tempat tinggal.

Selaras dengan arti kata Bale Lumbung, fungsi bangunan ini adalah tempat untuk menyimpan sesuatu.

Barang yang biasa disimpan di Bale Lumbung adalah hasil panen berupa padi. Masa penyimpanannya biasa untuk sementara waktu.

Karena fungsi utama rumah adat NTB sebagai gudang penyimpanan atau lumbung, maka material yang digunakan untuk membangun rumah adat ini juga cukup sederhana.

 

 

Di bagian atap, rumah adat ini biasanya menggunakan bahan jerami yang bisa menutupi seluruh bagian rumah. Sedangkan untuk dinding bagian dalamnya, rumah adat ini menggunakan anyaman bambu yang disusun secara rapi.

Dilihat dari bentuk, rumah adat ini mempunyai bentuk yang cukup unik. Jika dilihat dari luar, bentuk Bale Lumbung ini mirip dengan topi para perompak di lautan, dengan bentuk agak bulat dan tinggi.

Perlu diketahui, Bale Lumbung dibangun dengan konsep rumah panggung. Bentuk bangunan ini dipilih untuk mengantisipasi adanya hama tikus atau juga banjir yang sering mengancam pulau NTB.

TAG#rumah adat, #bale lumbung, #ntb

106176594

KOMENTAR