Nikmatnya Durian Musang King Rancamaya Bogor

Tommy Duang

Saturday, 14-05-2022 | 15:43 pm

MDN
Perkebunan durian Rancamaya Bogor, Bogor Selatan, Kab. Bogor, Jawa Barat.

 

BOGOR, INAKORAN 

Siapa yang tidak kenal buah durian, dengan aromanya yang tajam dan rasa dagingnya yang ekstra lezat. Tumbuh di daerah tropis dengan kulitnya yang menyerupai duri, buah ini memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda, baik warna daging maupun tingkat kelezatannya.

 

Salah satu jenis durian yang paling popular dan terkenal lezat adalah durian Musang King.

Durian jenis ini dipopulerkan pertama kali pada tahun 1990 di Kawasan Tanah Merah, Kelantan, Malaysia. Sejak pertama kali diperkenalkan, buah ini langsung menjadi buah bibir masyarakat setempat.

Tekstur dagingnya yang lembut dan tebal serta rasanya yang manis dan legit membuat buah ini langsung digandrungi oleh para penikmat buah.

Saking enaknya, kepopuleran Musang King bahkan mampu menyaingi durian jenis monthong asal Thailand yang lebih dulu popular.

 


Baca juga

Prosesi Pemakaman Jurnalis Al Jazeera Berujung Ricuh, Ini Penyebabnya


 

Pada tahun 1993 buah ini didaftarkan sebagai salah satu durian unggul dengan nama raja kunyit. Diberi nama raja kunyit karena dagingnya berwarna kuning seperti kunyit.

Namun sebagian besar warga menyebutnya durian Raja Kunyit Musang King. Sebutan Musang King ini disertakan karena lokasi pohon induknya berada di dekat Gua Musang di Kelantan, Malaysia.

Karena adanya prospek bisnis yang menjanjikan, saat itu para petani di Malaysia beramai-ramai menanam bibit durian Musang King ini. Pada tahun 2000 pohon durian ini mulai berbuah dan dapat dipanen.

Kualitasnya yang tinggi dan stabil, membuat para penikmat buah tidak ragu merogoh kocek dalam-dalam. Namun, harganya yang selangit sebanding pula dengan kualitasnya yang juga selangit.

 


Baca juga

Wartawan Al Jazeera Terbunuh di Tepi Barat, Negara ini Dalangnya


 

Di Indonesia, buah ini masih tergolong langka dan harganya jauh lebih tinggi ketimbang harga pasaran di Malaysia.

Salah satu perkebunan yang menanam durian Musang King adalah Kebun Rancamaya Bogor. Kebun ini milik Bapak Al-Hilal Hamdi, mantan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Indonesia periode 1999-2001.

Perkebunan ini terletak di Kelurahan Rancamaya, Kecamatan Bogor Selatan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pada Sabtu, 14 Mei 2022 Inakoran.com mengunjungi perkebunan ini untuk menikmati akhir pekan singkat, serta mencicipi nikmatnya Durian Musang King, di tengah sejuknya suasana perkebunan.  

 

 

KOMENTAR