Ratusan Penentang Perubahan Iklim Ditangkap Di Seluruh Dunia

Hila Bame

Tuesday, 08-10-2019 | 21:46 pm

MDN
Aktivis perubahan iklim dari organisasi yang menamakan diri mereka

Jakarta, Inako

Aksi damai yang dilakukan ratusan aktivis perubahan iklim ditangkap senin (7/10) di kota-kota diberbagai penjuru dunia, seperti dikutip dari VOA Selasa (8/10/2019)

Pada awal kampanye global selama dua minggu yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang keadaan darurat iklim. Upaya internasional ini dikoordinasikan oleh Extinction Rebellion, gerakan yang memperjuangkan perlindungan keanekaragaman hayati dengan perlawanan tanpa kekerasan dan pembangkangan secara damai.

Zlatica Hoke dari VOA melaporkan para aktivis menuntut pengurangan emisi karbon secara drastis untuk menghentikan kenaikan suhu global dan dampaknya yang berbahaya.

Di London, para aktivis menempelkan diri ke pagar, dan memblokir lalu lintas di Trafalgar Square. Di Paris mereka menduduki jembatan di seberang Sungai Seine.

Francoise Loiseau, pengunjuk rasa di Paris. Tentang aksi unjuk rasa itu, dia memberikan alasannya.

“Ini jelas tanpa kekerasan. Aksi ini manusiawi. Kami tidak berada di sini dengan senjata, kami di sini sebagai manusia dan kami mengatakan: Kami merupakan satu tubuh dan bersama mereka, kami berada di sini untuk mengatakan ‘hadapi kebenaran, katakan kebenaran kepada semua orang dan kemudian orang mungkin akan menerimanya dan melakukan upaya yang harus mereka lakukan untuk bertahan hidup.’”

Di Berlin dan Amsterdam, para pemrotes memadati jalan-jalan pusat kota untuk mengganggu kelancaran lalu lintas. Ratusan orang ditangkap di seluruh dunia karena menolak perintah untuk pindah.

TAG#AS

21676654

KOMENTAR