Se’i Rote Enak dan Lezat, Mau Coba?

Binsar

Tuesday, 19-04-2022 | 12:38 pm

MDN
Se’i, merupakan salah satu kuliner khas NTT asal Pulau Rote. [ist]

 

 

Jakarta, Inako

Kuliner lokal menjadi salah satu daya tarik para wisatawan saat berkunjung ke suatu daerah. Se’i, merupakan salah satu kuliner khas NTT asal Pulau Rote. Makahan khas ini tidak saja terkenal di provinsi asalnya, tetapi juga sudah beredar di sejumlah daerah lain di Indonesia.
Rasanya yang sangat lezat membuat setiap orang yang mencicipi akan ketagihan.

Kata Se’i dalam Bahasa Rote berarti daging yang disayat panjang. Sayatan daging yang berukuran panjang ini kemudian diasapi di atas bara api sampai matang.

Se’i merupakan makanan khas suku Rote, penduduk asli Pulau Rote dari Kabupaten Rote Ndao. Daerah ini merupakan kabupaten paling Selatan di Indonesia dan merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kupang, NTT. 

 

 

Pengasapan adalah salah satu teknologi yang telah dilakukan oleh nenek moyang masyarakat NTT. Itu adalah cara untuk mempertahankan kualitas daging sapi. Sistem pengasapan ini juga menjadi salah satu faktor dibalik kelezatan Se’i dan menghasilkan aroma yang harum, tekstur empuk dan rasanya yang lezat. 

Se'i rupanya sangat lezat dan memberi sensasi jika dinikmati bersama sambal. Sambalnya pun biasanya mengunakan sambal Lu'at yang terbuat dari campuran cabai, jeruk nipis dan daun Lu'at. 

Tak hanya sambal, pelengkap lain seperti tumis bunga pepaya menjadikan Se’i semakin nikmat. Alternatif sambal yang juga bisa menjadi pilihan adalah sambal matah dan sambal terasi. 

TAG#sei, #rote, #ntt, #kuliner khas

163138185

KOMENTAR