Trump Siap Cabut Sanksi Terhadap Ponsel ZTE

Inakoran

Wednesday, 16-05-2018 | 09:48 am

MDN
Ilustrasi ponsel ZTE [ist]
Washington, Inako

Pemerintah Amerika Serikat (AS) mendadak mengubah sikap terhadap produsen ponsel pintar asal China, ZTE Corp. Sanksi yang semula dijatuhkan untuk ZTE seakan menguap oleh cuitan Presiden AS Donald Trump di akun Twitter pribadinya. Pada Minggu (13/5), Trump mengatakan, ia dan Presiden China Xi Jinping bekerja sama untuk mengembalikan ZTE ke jalur bisnisnya seperti semula.

Trump mengumumkan hal mencengangkan itu menjelang pembicaraan lanjutan antara utusan China dan AS di Washington pekan ini. Kedua negara sedang berupaya mencari jalan tengah untuk menurunkan tensi dalam hubungan perdagangan mereka yang kian meningkat beberapa waktu terakhir.

"Terlalu banyak pekerjaan di China hilang. Departemen Perdagangan telah diinstruksikan untuk membereskan ini," tulis Trump dalam cuitannya yang telah dikomentari tak kurang dari 24.600 pengguna Twitter.

Pengumuman Trump ini merupakan pembalikan yang tidak terduga mengingat sikap keras Washington terhadap praktik perdagangan China yang telah menempatkan kedua negara di jalur perang dagang yang sengit. Sejumlah sumber menyebutkan, penyelesaian masalah ZTE merupakan salah satu tuntutan China, jika AS ingin melanjutkan negosiasi perdagangan.

Baca juga:




Bank Dunia Tidak Yakin Perang Dagang AS-China akan Berlanjut

Sri Mulyani Akui Perang Dagang AS-China Berdampak pada Pelemahan Rupiah

Indonesia Siap Balas Perang Dagang dengan Uni Eropa

 

 

KOMENTAR