Unik!!! Jalanan dan Pasar di Desa Ini Dibangun di Atap Rumah Warga

Tommy Duang

Friday, 20-05-2022 | 10:16 am

MDN

 

JAKARTA, INAKORAN

Di Iran, ada sebuah desa unik yang dibangun di lereng gunung. Namanya Desa Masouleh yang terletak jauh di pegunungan Alborz di Iran Utara.

 

Desa yang berusia lebih dari seribu tahun ini dibangun di lereng gunung yang curam untuk menghindari banjir di lembah yang terbentang luas di bawahnya dan angin dingin dari puncak.

Keunikan desa ini tidak hanya terletak pada arsitekturnya yang berasal dari masa lampau, tetapi juga pada cara warganya memanfaatkan ruang yang sempit dan curam.

Masyarakat desa sangat kreatif mengoptimalkan ruang yang tersedia.

 


Baca juga

Erick Thohir Dan Posisi PBNU Dalam PILPRES 2024


 

Mereka menyiasati ketiadaan ruang yang datar dengan memafaatkan atap rumah di bawahnya untuk dijadikan fasilitas umum seperti jalan, jembatan, restoran, kafe terbuka, dan bahkan pasar.

Uniknya atap-atap rumah itu dibangun dari tanah liat, batu, dan kayu. Selama berabad-abad, struktur itu telah terbukti sangat kuat karena berhasil menahan berat lalu lintas kaki manusia dalam jumlah banyak.

Selain kuat menahan berat manusia yang kerap berlalu lalang di atap rumah, struktur ini juga kuat menahan iklim yang basah selama berabad-abad.

 


Baca juga

Orang Introvert Adalah Sosok Orang Tua yang Hebat


 

Walaupun relatif kecil dengan jumlah penduduk yang sedikit, desa ini telah menjadi pusat perdagangan, sejak awal berdirinya.

Pada awal Abad 20, desa kecil ini digunakan sebagai benteng oleh Gerakan Jangali yang menentang pendudukan Iran oleh pasukan Ottoman, Inggris, dan Rusia.

 

 

KOMENTAR