4 Fobia Teraneh Tak Terbayangkan

Aril Suhardi

Friday, 13-05-2022 | 13:18 pm

MDN
4 Fobia Teraneh Tak Terbayangkan [ist]

 

 

Jakarta, Inako

Takut berlebihan terhadap sesuatu atau biasa disebut fobia sebenarnya merupakan hal yang wajar.

Namun, ada fobia tertentu yang terkesan aneh lantaran disebabkan oleh hal-hal yang tidak terbayangkan atau tidak lazim.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut fobia aneh yang dialami manusia.


Baca juga: Aksi Demonstrasi di Papua Ricuh, KontraS: Negara Diskriminatif dan Brutal


Antefamaphobia

Orang yang menderita Antefamaphobia takut digosipkan orang. Penderita fobia ini selalu merasa tidak nyaman saat berada di lingkungan yang ramai atau ketika memasuki sebuah ruangangan yang dipenuhi oleh banyak orang.

Orang yang mengalami fobia ini sering merasa semua orang memperhatikan atau membicarakan tentang dirinya, terutama misalnya saat dia masuk dalam ruangan yang ramai.

Allodoxaphobia

Fobia ini sering membuat penderitanya sering merasa takut dan cemas saat orang lain memberi pendapat penilaian tentang dirinya.

Penderita Allodoxaphobia sebenarnya menyadari fobianya tidak berdasar dan tidak rasional, namun mereka tidak dapat mengatasinya.

Orang yang mengalami fobia ini sering membatasi dirinya sendiri. Jika dibiarkan, fobia ini dapat mengisolasi dan menghambat kehidupan seseorang.

Anuptaphobia

Penderita fobia ini merasa cemas dan takut akan statusnya yang belum memiliki pasangan.

Fobia tersebut membuat penderitanya tidak ingin menjomblo selama sisa hidupnya sehingga dia akan terus berjuang untuk menemukan pasangan hidup.

Munculnya Anuptaphobia bisa disebabkan oleh ketakutan terhadap rasa kesepian yang pernah dialami sehingga menimbulkan trauma.

Nomophobia

Nomophobia merupakan singkatan dari No Mobile Phone Phobia. Ini menggambarkan kondisi psikologis saat penderitanya tidak bisa lepas atau jauh dari ponsel.

Orang yang mengalami fobia akan merasa cemas dan takut saat sedang tidak memegang ponel.

Nomophobia punya gejala-gejala yang tidak berbeda jauh dari gangguan kecemasan lainnya, seperti mengalami rasa cemas dan berkeringat.

 

TAG#Fobia, #Takut, #Kesehatan, #Viral, #Puan

103802760

KOMENTAR