Elektabilitas NasDem Anjlok Karena Mendukung Anies???

Tommy Duang

Friday, 05-08-2022 | 13:58 pm

MDN

 

JAKARTA, INAKORAN

Elektabilitas Partai NasDem mengalami penurunan signifikan dalam survei terbaru yang dilakukan Lembaga Center for Political Communication Studies (CPCS). Keputusan NasDem mendukung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam Pilpres 2024 nanti menjadi faktor paling berpengaruh.

 

“Keputusan mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden membuat NasDem ditinggal oleh sebagian pemilih nasionalis,” ungkap Direktur Eksekutif CPCS, Tri Okta pada Kamis (4/8/2022).

Survei yang melibatkan 1.200 responden dari 34 provinsi itu dilakukan pada 22-27 Juli 2022. CPCS menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error sekitar 2,9 persen dan pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Anjloknya elektabilitas NasDem itu berbanding terbalik dengan elektabilitas partai-partai nasionalis lain. PDI Perjuangan misalnya, tetap menduduki posisi teratas dengan kenaikan 1,4% dari survei yang dilakukan pada bulan April kemarin.

Selain PDI Perjuangan, Partai Golkar dan Gerindra juga mengalami peningkatan yang signifikan. Kini Golkar memiliki elektabilitas 8,8 persen dan Gerindra memiliki 13,2 persen.

 

KOMENTAR