Lompatan Teknologi Mobil BBM menuju Mobil Listrik, Singkap 5 Fakta  Mobil Listrik yang Tidak Dimiliki Mobil BBM

Hila Bame

Saturday, 16-01-2021 | 16:27 pm

MDN
Seri terbaru dari Tesla mobil listrik buatan Amerika Serikat [Foto: Laman Tesla]

 

Jakarta, INAKORAN

 

Dunia otomotif global sedang gencar-gencarnya lakukan lompatan teknologi  dari memproduksi mobil berbasis bahan bakar fosil menuju mobil berbasis tenaga surya atau sinar matahari.


BACA:  

Mobil Listrik Kapan Indonesia Siap?

Tenaga Surya untuk Atap Eksisting
menjadi sumber energi untuk keluarga masa depan dunia
[sumber: Laman Tesla]
 

Mobil listrik, diakui ramah lingkungan, emisi karbon menjadi lebih rendah dan mengurangi polusi dibandingkan dengan mobil dengan bahan bakar berbasis fosil atau bahan bakar minyak (BBM) yang menguras APBN untuk eksistensi sebuah negara.

Panel Listrik dalam sebuah rumah keluarga masa depan
[Foto: Laman Tesla]
 

 

5 Fakta Mobil Listrik yang Tidak Dimiliki oleh Mobil BBM

 

Mobil listrik dikenal sebagai mobil yang ramah lingkungan

 

Umumnya, mobil menggunakan bahan bakar minyak sebagai energi penggeraknya. Tetapi seiring perkembangan teknologi di bidang otomotif, saat ini sudah ada mobil dengan menggunakan listrik sebagai energi penggeraknya. Sehingga mobil listrik disebut sebagai mobil yang ramah lingkungan.

 

Memang mobil listrik masih jarang digunakan oleh banyak orang. Padahal mobil listrik memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh mobil berbahan bakar minyak. Sehingga kelebihan ini menjadi daya tarik dari mobil listrik itu sendiri. Kepoin di sini apa saja kelebihan Mobil Listrik

1. Ramah lingkungan

5 Kelebihan Mobil Listrik yang Tidak Dimiliki oleh Mobil BBM

 

Mobil listrik diakui  mobil non emisi sehingga tidak menyebabkan kerusakan lingkungan. Berbeda dengan mobil BBM yang memiliki emisi yang dapat menimbulkan polusi udara. Polusi inilah yang menyebabkan kerusakan lingkungan.

2. Suara yang tidak bising

5 Kelebihan Mobil Listrik yang Tidak Dimiliki oleh Mobil BBM

 

Katakanlah Bajaj, kendaraan roda tiga dengan suara meneror telinga setiap hari adalah salah satu contoh dari penggunaan kendaraan berbasis bahan bakar fosil selain mobil berbahan bakal minyak bumi, yang merusak linglungan  demikian kesehatan manusia penghuni planet bumi.

 

Ekosistem mahluk hidup di muka bumi mengalami penderitaan akut akibat polusi mobil berbahan bakar BBM. Terutama pada mobil yang menggunakan bahan bakar solar menimbulkan suara yang sangat bising.

Berbeda dengan mobil listrik yang memiliki suara yang lembut bahkan hampir tak bersuara (voiceless). Sehingga mobil listrik dapat memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya.

 

3. Pengisian bahan bakar yang fleksibel

 

5 Kelebihan Mobil Listrik yang Tidak Dimiliki oleh Mobil BBM

 

Efesiensi waktu  manusia, di muka bumi akan terdongkrak sangat tajam, hal ini ditandai dengan tidak ada lagi pemilik mobil yang antri di stasiun pengisian bahan bakar minyak.  

Hal yang paling malas dilakukan oleh pengendara mobil BBM adalah mengantre di pom bensin untuk mengisi bahan bakar. Berbeda dengan mobil listrik dalam mengisi bahan bakar. Bisa melakukan pengisian bahan bakar di rumah saja. Caranya ialah dengan menghubungkan alat pengisian energi ke mobil listrik.

 

4. Perawatan simpel

5 Kelebihan Mobil Listrik yang Tidak Dimiliki oleh Mobil BBM

 

Perawatan mobil listrik lebih simpel daripada mobil BBM. Karena mobil listrik tidak mempunyai sistem pembuangan. Selain itu, kamu juga tidak perlu lagi mengganti oli. Kamu hanya perlu melakukan pengecekan secara rutin pada komponen mobil listrik.

5. Harga murah

5 Kelebihan Mobil Listrik yang Tidak Dimiliki oleh Mobil BBM

 

Mobil listrik memiliki harga yang lebih murah dibandingkan mobil BBM. Mobil listrik sudah banyak digunakan di beberapa negara. Sebab pemakaian mobil listrik jauh lebih efisien. Sehingga untuk menggunakan mobil listrik  tidak perlu menguras kocek hingga robek. 

Belum lama ini  BUMN Indonesia mulai memproduksi bateri mobil lisrtik misalnya PT Inalum, PT PLN Persero dan PT Pertamina. Saatnya Indonesia bertransformasi menuju mobil masa depan yang efesien. 

 

TAG#MOBIL LISTRIK, #TESLA

103805781

KOMENTAR