Pemprov Jabar Jalin Kerja Sama Dengan Jepang

Inakoran

Thursday, 18-01-2018 | 07:28 am

MDN
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan [ist]

Bandung, Inako –

Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) tengah merancang suatu kerja sama dengan Pemerintah Prefektur Shizuoka, Jepang dalam bidang yang bernilai strategis di antaranya terkait jasa penerbangan antara Bandara Shizuoka Mt Fuji dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

"Kerja sama tersebut antara lain terkait dengan pembukaan rute penerbangan langsung Kertajati-Shizuoka dan kerja sama pengiriman kargo. Pada kunjungan kali ini telah diagendakan pula pertemuan dengan direksi BIJB dan Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia," kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), di Bandung, Selasa (16/1/2018).

Peluang kerja sama tersebut tercetus usai Gubernur Aher menerima Courtesy Call, atau pertemuan diplomasi dengan Wakil Gubernur Prefektur Shizouka Takashi Namba di Gedung Negara Pakuan, kemarin.

Usai pertemuan itu, Aher menjelaskan, kunjungan wakil Gubernur Shizuoka ke Jawa Barat merupakan kunjungan balasan dari kunjungan yang pernah dilakukan Gubernur Jawa Barat beserta delegasi pada November 2017 dalam rangka penandatanganan kesepakatan bersama antara Provinsi Jawa Barat dan Prefektur Shizouka di bidang Ekonomi dan Peningkatan Sumber Daya Manusia.

[caption id="attachment_16716" align="alignleft" width="591"] Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), menerima Courtesy Call atau pertemuan diplomasi dengan Wakil Gubernur Prefektur Shizouka, Mr. Takashi Namba, di Gedung Negara Pakuan Bandung, Senin (15/01/2017). [ist][/caption]"Beberapa kegiatan kerja sama yang telah dilaksanakan antara lain partisipasi Pemerintah Prefektur Shizuoka pada acara West Java Eco Marathon di Pangalengan, Kabupaten Bandung, Oktober 2017," kata dia.

Kemudian pengiriman peserta magang dari Jawa Barat ke kantor Pemerintahan Prefektur Shizuoka serta kegiatan Food Expo yang diselenggarakan oleh Prefektur Shizuoka.

"Selanjutnya akan diinisiasi kerja sama antaruniversitas yaitu fakultas keperawatan UNPAD dan Faculty of Nursing, University of Shizuoka," kata Aher.

Poin lain dalam rancangan kerja sama itu, lanjut Aher, adalah terkait tourism, trade, and investment. Keduanya menilai hal itu sangat potensial untuk dikembangkan bersama oleh kedua belah pihak.

Aher menjelaskan, bahwa dari pertemuannya bersama Wakil Gubernur Mr. Takashi Namba dijelaskan bahwa Prefektur Shizuoka memiliki karakteristik wisata alam yang menarik seperti halnya Jawa Barat.

Dalam kunjungan tersebut, Mr. Takashi Namba menaruh perhatian yang besar terhadap Mangga Gedong Gincu.

TAG#Jepang, #Aher, #Pemprov Jabar

74456008

KOMENTAR